Travel

6 Kota Paling Murah di Pulau Jawa yang Cocok untuk Liburan Hemat

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Liburan tentu menjadi hal yang menyenangkan dan ditunggu tunggu sebagian orang. Ada beberapa orang beranggapan jika liburan memerlukan biaya yang besar. Tapi siapa sangka, ternyata kamu pun bisa menikmati liburan dengan biaya yang murah dan ramah di kantong.

Tak perlu jauh jauh, kamu bisa mengunjungi sejumlah kota di Pulau Jawa yang tentunya ramah kantong. Berikut enam kota paling murah di Pulau Jawa yang cocok untuk pilihan liburanhemat: Yogyakarta menjadi salah satu kota paling murah yang cocok untuk pilihan liburan ramah kantong.

Di Kota Pelajar ini, kamu bisa menemukan beragam destinasi wisata menarik. Tidak hanya wisata, ada banyak kuliner lokal yang menggugah selera dan tentunya ramah untuk kantong kamu. Untuk berkeliling kota, kamu bisa menggunakan bus Trans Jogja yang sudah terintegrasi dengan bandara dan stasiun.

Biaya untuk satu kali perjalanan sangat murah yakni hanya Rp 3.500. Dengan bus Trans Jogja, kamu bisa menjelajahi beberapa destinasi wisata menarik di Yogyakarta, di antaranya Malioboro, Candi Prambanan, Museum Biologi, Tugu Jogja dan masih banyak lagi. Selain Yogyakarta, Solo termasuk kota paling murah yang bisa jadi pilihan liburan ramah kantong.

Untuk menjelajahi kota Solo kamu bisa menggunakan bus Batik Solo Trans yang beroperasi hingga malam hari. Ada beragam wisata menarik yang ditawarkan kota Solo, di antaranya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Museum Keris Nusantara, Museum Radya Pustaka hingga wisata belanja di Pasar Klewer. Kota Malang bisa jadi pilihan tepat untuk liburan ramah kantong berikutnya.

Malang tergolong kota paling murah untuk liburan terutama bagi kalangan mahasiswa. Ada beragam destinsi wisata murah yang bisa kamu temukan di kota ini, seperti kampung Jodipan, kampung 3D, pantai, alun alun hingga museum. Begitu juga dengan kulinernya, ada beragam kuliner yang bisa kamu coba.

Ada rawon, pecel, bakso, orem orem dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin menikmati liburan bervariasi bisa datang ke Kota Wisata Batu. Di sana kamu akan menemukan beragam destinasi wisata liburan mulai dari santai hingga ekstrem.

Kota paling murah yang cocok jadi pilihan liburan ramah kantong selanjutnya adalah Kediri. Di Kota Kediri ada banyak destinasi wisata murah. Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris di salah satu kampung Kediri yakni Kampung Pare.

Atau ingin wisata kuliner? Kota ini menyediakan beragam kuliner murah yang bisa kamu coba. Kamu bahkan bisa makan kenyang hanya dengan uang Rp 5.000 saja. Untuk pilihan destinasi wisata, ada kebun Bunga Matahari, Simpang Lima Gumul hingga Gunung Klotok.

Banyuwangi termasuk kota paling murah yang cocok dijadikan pilihan liburan ramah kantong. Mendapat penghargaan United Nations World Tourism Organization (UNWTO), Banyuwangi memiliki beragam destinasi wisata menarik. Di antaranya Kawah Ijen, Waduk Bajulmati, Gunung Raung, hingga Pantai Plengkung.

Harga tiket masuknya pun tergolong murah dengan akses yang mudah dijangkau. Siapa sih yang tak tahu Pulau Madura? Keindahan Madura sudah mulai dikenal banyak traveler.

Di antaranya seperti karapan sapi, api abadi, Gili Labak, air terjun Toroan, dan masih banyak lagi. Kuliner di Madura juga bersahabat di kantong. Ada bebek, rujak dulit, dan kaldu kokot yang sayang untuk dilewatkan.

Walaupun dari satu tempat wisata ke tempat lainnya cukup jauh, kamu tidak akan menyesal menghabiskan waktu liburan di sini.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment