Bagi bayi usia di bawah 6 bulan, maka makanan terbaik yang bisa bunda berikan yaitu ASI. Meskipun Anda telah mengenalkan makanan pada bayi, namun pemberian ASI tetap dibutuhkan sebab mengandung seluruh nutrisi yang diperlukan bayi. Lalu, apa makanan pertama bayi 6 bulan yang perlu Anda berikan? Simak pembahasan berikut.

 

  • Apel

 

Apel adalah buah dengan rasa enak dan menjadi penggemar anak-anak. Anda dapat mengenalkan apel pada buah hati antara umur 6 hingga 8 bulan. Disarankan untuk memberikan buah apel sehari sekali demi menjaga kesehatan buah hati Anda.

Berbagai nutrisi penting yang terkandung dan serat mampu membantu kinerja usus. Nutrisi dalam apel diantaranya fosfor, selenium, magnesium, folat, vitamin A dan E. Para ahli gizi menyarankan untuk memberikan apel dalam bentuk saus hingga usia 8 bulan, dibanding dalam bentuk padat.

 

  • Pisang

 

Seperti halnya apel, pisang termasuk buah yang bagus untuk bayi. Pisang bisa Anda berikan pada buah hati setelah usia 5 bulan. Kandungan potasium pada pisang mampu mengendalikan kesimbangan air di dalam tubuh. Selain itu, terdapat kalium untuk merelaksasi otot jantung serta iramanya. 

Bahkan, di masa depan mampu mengurangi risiko terkena osteoporosis dan batu ginjal. Kandungan karbohidrat pada pisang mampu menyediakan energi. Selain itu, serat di dalamnya juga mampu melancarkan saluran pencernaan.

 

  • Alpukat

 

Anda bisa memberikan alpukat pada bayi di usia 4 bulan. Kandungan lemak tak jenuh tunggal mampu membantu perkembangan pada otak buah hati. Jenis lemak tadi juga mampu memberikan dorongan yang memang dibutuhkan bayi. Selain itu, kandungan serat di dalamnya baik bagi pencernaan. Bahkan, bentuknya yang halus dengan rasa ringan biasanya disukai oleh bayi.

 

  • Pir

 

Usia tepat untuk memberikan pir pada usia yaitu antara 6-8 bulan. Buah ini mengandung vitamin C, tembaga, dan serat. Kandungan serat menjadi obat sembelit pada bayi. Sementara itu, tembaga dan vitamin C sebagai pelindung sel tubuh dari kerusakan serta sebagai dukungan sistem kekebalan tubuh.

Demikian pembahasan mengenai apa makanan pertama bayi 6 bulan yang sesuai untuk diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Dengan memberikan makanan tambahan selain ASI, semoga buah hati Anda memiliki perkembangan yang baik.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.