Penampilan Sergio Ramos sebagai pemain pengganti di pertandingan Belanda vs Spanyol membawanya menyamai rekor Gianluigi Buffon. Sergio Ramos yang hanya tampil selama lima menit sebelum pertandingan usai dapat membutnya menyamai rekor caps terbanyak milik kiper legendaris Timnas Italia tersebut. Berkat keputusan Luis Enrique selaku pelatih Timnas Spanyol menurunkannya pada menit 85 membawa Sergio Ramos mencatatkan 176 caps yang juga berhasil dikumpulkan Buffon.

Ramos dipercaya turun oleh Luis Enrique untuk menggantikan Inigo Martinez pada menit 85. Dikutip dari laman resmi Real Madrid, penampilan Ramos selama kurang lebih 5 menit tersebut membuatnya sejajar dengan Buffon sebagai pemain Eropa yang memegang penampilan terbanyak bersama tim nasionalnya. Pemain berposisi bek tersebut saat ini memiliki jumlah penampilan yang sama dengan Buffon yakni 176 caps.

Dalam 176 caps tersebut Ramos telah tampil di Piala Dunia (17), Euro (15), Piala Konfederasi (8), Nations League (8), kualifikasi Piala Dunia (29) dan kualifikasi Euro (34). Adapun sisa 65 pertandingan lainnya dibukukan kala menjalani pertandingan persahabatan salah satunya melawan Belanda dini hari tadi. Karier Ramos sendiri bersama La Furia Roja (julukan Timnas Spanyol) dimulai pada 26 Maret 2005 melawan China yang berakhir dengan kemenangan 3 0.

Kemenangan perdananya di pertandingan melawan China pada tahun 2005 membuat Ramos kini mengoleksi 129 kemenangan bersama La Furia Roja. Selain menyamai rekor Buffon, bek berusia 34 tahun ini menjadi pencetak gol terbanyak di La Furia Roja tepatnya pada urutan kedelapan. Ia berdiri di urutan kedelapan pencetak gol terbanyak Timnas Spanyol dengan total 23 gol.

Selang pertandingan debut Sergio Ramos pada tahun 2005, kini ia total telah membukukan 176 caps bersama Timnas Spanyol. Ramos mencatatkan caps ke 176 ini kala tampil menjadi pemain pengganti pada pertandingan Spanyol melawan Belanda yang berkahir imbang 1 1. Jumlah 176 caps ini membuat Ramos sejajar dengan Gianluigi Buffon yang sudah memegangnya lebih dulu.

Hal ini pun membuat Luis Enrique selaku pelatih Timnas Spanyol memberikannya pujian. "Sergio unik. Dia berada di level yang berbeda," katanya usai pertandingan. "Rekor penampilan hanya ada dalam jangkauan mereka yang sangat berbakat," puji Enrique yang dikutip dari Goal Internasional.

Seusai melawan Belanda, Spanyol dijadwalkan menghadapi Swiss dan Jerman pada lanjutan UEFA Nations League Grup A4. Di sisi lain, Belanda akan menghadapi Bosnia & Herzegovina serta Polandia pada laga UEFA Nations League Grup A1.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.