Kesehatan

Bercak Merah di Pipi Bayi Benarkah Karena Tumpahan ASI

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Bayi memiliki struktur kulit yang masih sangat tipis dan dalam tahap perkembangan. Dengan kondisi tersebut kulit bayi jadi sangat rentan terhadap bahan iritan dan cepat mudah terinfeksi. Eksim susu yakni bercak bercak merah di pipi termasuk reaksi yang paling sering terjadi pada bayi yang baru lahir.

Banyak ibu yang beranggapan bercak merah tersebut karena ASI yang tumpah ke bagian pipi. Okter Spesialis Kulitdan Kelamin, dr. Tina Wardhani Wisesa memastikan ruam tersebut bukan dampak terkena ASI. Alasannya adalah karena beberapa faktor seperti genetik, suhu ekstrim, atau terkena cuaca.

“Biasanya merah merah itu muncul pada dua atau tiga minggu dari lahir. Bukan karena ASI tapi genetik dan bayi emang punya kecenderungan eksim,” ucap dr. Tina di Klinik Sakti Medika di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019). Bercak merah tersebut akan hilang seiring pertambahan usia karena struktur kulit akan lebih menebal. Tapi bantu bayi juga dengan memperhatikan produk produk perawatan bayi yang digunakan karena bisa saja karena kulit bayi tidak cocok.

“Ada bayi yang bisa dipicu karena salah produk, jadi singkirkan faktor minyak yang memicu atopik tersebut,” ungkap dr. Tina. Pastikan juga kulit bayi dalam keadaan bersih agar tetap sehat dan tehindar dari gangguan kulit.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment