Otomotif

Berikut Harga & Spesifikasi Mobil Terbaru Bergaya LSUV Suzuki XL7 Dikabarkan Rilis 15 Februari

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Berdasar kabar terbaru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan segera merilis XL7 untuk pasaran Indonesia. Meski XL7 berbagi platform dengan Ertiga, namun dipastikan tidak akan masuk dalam keluarga Ertiga. Hal tersebut karena Suzuki membuat XL7 sebagai mobil bergaya low sport utility vehicle (LSUV).

Dilansir , pihak Suzuki telah memastikan hal tersebut dalam acara media gathering di kasawan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020). Terkait tanggal peluncuran XL7, Suzuki memberikan sinyal dalam bentuk kode anagram, 35 21 5454. Kode tersebut jika dijabarkan 3×5 2×1 5×4 5×4 merujuk pada tanggal 15 2 2020 atau 15 Februari 2020 mendatang.

Sementara itu, Suzuki telah menyiapkan ragam program penjualan termasuk XL7. "Untuk program khusus 50 tahun Suzuki di Indonesia ada beberapa yang kita siapkan untuk konsumen dalam hal penjualan, termasuk juga untuk produk baru kami nanti XL7," ucap Makmur, 4W Sales Director PT SIS di Jakarta. Kendati demikian, saat dipertegas terkait kepastian hadirnya LSUV XL7 di Indonesia, Makmur enggan mengatakan secara lugas.

Ia hanya mengatakan waktu LSUV XL7 ngaspal di Indonesia tinggal beberapa hari lagi. "Sedikit lagi, tunggu saja undagannya dalam waktu dekat," kata Makmur. Suzuki XL7 dipastikan bermain di genre LSUV.

Melihat genre nya, Suzuki XL7 hadir sebagai rival Toyota Rush, Honda BR V, dan Daihatsu Terios sebagai mobil segmen SUV murah tiga baris. Makmur menjelaskan bahwa antara Ertiga dan XL7 memiliki karakter beda, termasuk target konsumennya. "Bukan varian (Ertiga), jadi ini produk (XL7) beda dengan Ertiga. Segmennya beda," ucapnya.

Lanjut Makmur, alasan Suzuki meluncurkan XL7 didasari perkembangan tren global yang lebih mengarah ke SUV. Namun karakter XL7 tetap disesuaikan dengan kebutuhan konsemen Indonesia. Penyesuaian tersebut yakni terkait penampilan stylish , sektor kenyamanan, ground clearance tinggi, serta yang paling utama adalah memiliki kapasitas tujuh penumpang.

Head of Service PT SIS Riecky Patrayudha, saat berbicara sisi teknis, XL7 dipastikan juga memiliki karakter yang berbeda. Bahkan Riecky menjamin XL7 bukan sekadar Ertiga yang di SUV kan dari segi tampilan dan kaki kaki saja. "Basisnya sama dengan Ertiga, tapi teknis pasti ya beda karena menyesuaikan untuk segmennya."

"Garis besarnya kaki kaki kami rancang ulang, termasuk suspensi, bahkan sampai engine, maksudnya kita optimalisasi, setting engine control module (ECM) sudah pasti beda," jelasnya. Riecky juga memaparkan tiga hal besar yang membedakan XL7 dengan Ertiga dari sisi teknis. Mulai dari konstruksi sektor kaki kaki, setting ECU , sampai sisi wiring atau instalasi kelistrikan.

"Jadi tidak bisa dibilang varian Ertiga karena memang beda teknis dan segala macamnya." "XL7 punya feel driving benar benar seperti SUV, bukan sekadar modifikasi kaki kaki yang dibuat tinggi," ujarnya. Sebagai informasi, struktur Ertiga yang dibuat sebagai SUV awalnya lahir dengan nama XL6 di India.

Sedangkan untuk Indonesia, dipilih nama XL7 lantaran memiliki kapasitas tempat duduk tujuh penumpang. Nama Suzuki XL7 bukan hal baru, sebelumnya nama ini sudah digunakan Suzuki pada produk SUV sebelumnya, yakni Escudo XL7, kala itu menggunakan mesin 2500 cc. Berdasarkan informasi yang beredar, XL7 hadir dalam tiga varian, yakni Zeta, Beta, dan Alpha dan dua pilihan transmisi yakni manual dan matik.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menolak bicara soal bocoran informasi harga yang sudah beredar luas di kalangan masyarakat. "Berkaitan harga yang beredar, karena bukan informasi resmi dari kami, kemungkinan besar kami tidak bisa mempertanggungjawabkan isinya." "Karena itu belum tentu benar," ujar 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra.

Diketahui beberapa waktu lalu muncul informasi Suzuki akan memasarkan XL7 dengan tiga varian yakni Zeta, Beta, dan Alpha. Harga Suzuki XL7 Zeta manual dipasarkan Rp 230 juta, matiknya Rp 240 juta. Sementara Beta manual Rp 246,5 juta dan matiknya Rp 257 juta.

Sedangkan untuk varian Alpha manual Rp 256,5 juta dan transmisi otomatis Rp 267 juta.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment