Berikut ini cara membuat cumi goreng mudah dan praktis, makanan yang cocok untuk dinikmati bersama kelurga tercinta. Cumi dapat dikreasikan menjadi beberapa menu yang enak. Seperti cumi goreng kari krispi dan cumi goreng kering balut kecap.

Cumi goreng bisa dapat diolah selama 45 menit untuk 8 porsi. Kamu dapat menyiapkan bahan bahan, seperti cumi, bawang putih, garam, merica bubuk, tepung terigu, dan baking powder. Sementara itu, supaya cumi goreng tepung tidak mudah alot, sebaiknya kupas dulu kulit cuminya.

Kulit cumi akan mempengaruhi hasil dari olahan cumi goreng. Waktu: 45 Menit Sajian: 8 Porsi

500 gram cumi, dipotong ring tebal 1 cm Siung bawang putih, diparut Cm jahe, diparut

1/4 sendok teh garam 1/4 sendok teh merica bubuk 500 ml minyak untuk menggoreng

100 gram tepung terigu protein sedang 1/2 sendok makan bawang putih bubuk 1/2 sendok teh garam

1/4 sendok teh merica bubuk 1/4 sendok teh gula pasir 1/2 sendok teh bubuk kari

Lembar daun jeruk, diiris halus 1/2 sendok teh baking powder 200 ml air

200 gram tepung terigu Sendok makan tepung sagu Sendok teh kaldu ayam bubuk

Sendok teh garam 1. Lumuri cumi dengan bawang putih, jahe, garam, dan merica bubuk, diamkan 20 menit. 2. Aduk rata bahan pencelup sampai licin.

3. Celupkan cumi ke bahan pencelup. Gulingkan di bahan pelapis yang sudah sambil diangkat angkat dan ulangi sekali lagi 4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang.

Waktu: 45 Menit Sajian: 3 Porsi 1.000 gram cumi segar, kupas kulit dan buang kepalanya

500 ml minyak untuk menggoreng Siung bawang putih cincang halus Sendok makan kecap manis

Sendok makan saus tiram Sendok teh madu Sendok teh gula pasir

Sendok makan minyak untuk menumis 1. Potong cumi bulat tebal 4 cm. 2. Rendam dalam 500 ml air yang ditambah 1/4 sendok teh garam, serta diamkan 15 menit dan tiriskan.

3. Goreng cumi dalam minyak panas di atas api kecil sampai kering, angkat dan dinginkan. 4. Goreng lagi cumi sampai renyah, serta angkat dan tiriskan. 5. Saus, tumis bawang putih sampai harum.

Masukkan kecap manis, saus tiram, madu, dan gula pasir, aduk rata sampai mengental. 6. Tambahkan cumi dan aduk di atas api kecil sampai cumi terbalut bumbu. Bila terkendala tepung tidak menempel sempurna dan tekstur cumi menjadi alot setelah dimasak.

Kamu perlu mencoba beberapa tips beriku ini, agar kita agar cumi goreng tepung tidak botak dan alot. Kemudian, tepung dan panir dijamin menempel sempurna. Kalau mau cumi goreng tepung yang cantik, jangan lupa kupas kulitnya.

Soalnya, bagian kulit ini akan menciut saat digoreng. Hasilnya, tepung atau panir yang menempel di atasnya juga ikut tertarik. Hal inilah yang bisa membuat cumi goreng tepung jadi botak.

Cumi goreng tepung biasa dibuat dengan dua bahan utama. Ada panir dan ada juga tepung bumbu. Supaya menempel, cumi cukup kita celup ke dalam air.

Jadi, pertama balur cumi dengan air jeruk dan garam. Setelah itu, ambil segenggam atau ukuran satu kali goreng dan celupkan ke dalam air matang. Kemudian, angkat dan balur cumi di atas tepung bumbu satu per satu.

Jangan lupa remas remas supaya tepung bisa menempel sempurna, ya. Kenapa menggunakan air dan tidak telur atau larutan pencelup? Jawabannya supaya cumi goreng tepung tidak terlalu tebal hasilnya.

Yang kedua kalau cumi goreng tepung menggunakan panir. Proses pelapisannya harus tepat. Pertama, cumi dimasukkan dulu ke dalam larutan pencelup yang dibuat dari campuran terigu, air dan telur.

Setelah itu, baru gulingkan di atas tepung panir. Jangan lupa diremas remas juga supaya panirnya menempel. Kalau menggoreng cumi, paling benar menggunakan api sedang cenderung besar.

Pertama, karena cumi jadi alot dan liat kalau dimasak terlalu lama. Kedua, agar tepung pelapisnya bisa langsung keras dan menempel pada cumi. Cumi goreng tepung juga sebaiknya jadi langsung diaduk begitu masuk ke minyak.

Biarkan tepung menempel sempurna baru kita aduk. Kalau terlalu cepat diaduk, tepung dan panirnya bisa rontok kembali.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.