Seleb

BJ Habibie dan Kenangan Tak Mudah Dilupakan dengan Para Artis, Buat BCL Menangis Terus

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Kepergian Presiden ke 3 RIBJ HabibieRabu (11/9/2019) malam meninggalkan duka yang sangat mendalam, tak terkecuali bagi para artis Tanah Air. Mereka berduyun duyun mengucapkan doa dan kata perpisahan. Rasa duka diiringi haru dan sebagainya pun turut menyelimuti. Berikut sejumlah artis dengan kenangan tak terlupakan bersama Habibie.

Aktor Reza Rahadian sangat terpukul atas meninggalnya Habibie. Reza pernah berperan sebagai BJ Habibie dalam film Habibie & Ainun (2012) dan Rudy Habibie (2016). Saat mendatangi rumah duka, Reza tak kuasa menahan air matanya. Begitu juga saat ke pemakaman di TMP Kalibata.

"Kenangan yang sulit dilupakan itu yang jelas jelas, 'Reza kalo suatu saat Eyang sudah tidak ada, orang akan mengenal Eyang dan Eyang Putri (Ainun) tidak hanya mengenal dari rekam jejak tapi salah satunya dari film'," ujar Reza mengenang ucapan Habibie padanya. Reza mengatakan, Habibie berpesan jika suatu saat ada yang meminta memerankan Habibie lagi untuk tidak menolak. Artis peran dan penyanyi Bunga Citra Lestari(BCL) mengatakan, Habibieadalah sosok pria yang paling luar biasa pernah ia kenal.

Hal itu diungkapkan oleh BCL, sapaan akrabnya dalam sebuah unggahan video pada akun Instagram nya, @bclsinclair,yang dikutipKompas.com, Rabu (11/9/2019). Selamat jalan Eyang .. Salah satu pria paling luar biasa yang pernah saya kenal dalam hidup saya. Terima kasih atas semua cinta, semua kebaikannya, dan semua dukungannya ," tulis BCL dalam bahasa Inggris pada keterangan videonya. Saat datang ke pemakaman, BCL mengaku masih tak menyangka Habibie telah pergi. Dari kisah Habibie & Ainun, BCL percaya cinta sejati itu ada.

Lain cerita dengan penyanyi Joshua Suherman. Joshua justru lebih banyak menyimpan kenangan bersama Habibie ketika kecil. Melalui akun media sosialnya, @jojosuherman, Joshua mengunggah foto saat dipangku Habibie. Lagunya berjudul "Kapal Terbang", berisi tentang cita cita seorang anak ingin menjadi profesor dan bikin pesawat terbang seperti Pak Habibie.

Sutradara Habibie & Ainun, Hanung Bramantyo juga mengunggah momen kebersamaan dengan mendiang Presiden Ketiga RI Bacharudin Jusuf Habibie. Hanung mengunggah kebersamaan itu pada akun Instagram nya, @hanungbramantyo. "Selamat jalan eyang," tulis Hanung dalam keterangan foto seperti dikutip Kompas.com, Rabu (11/9/2019).

Sutradara Habibie & Ainun itu juga menyertakan emotikon menangis. Saat ditemui di TMP Kalibata, Hanung terkenang bagaimana sosok Habibie sangat mencintai Ainun. "Saat sarapan pagi di Jerman, saya diundang sama beliau (BJ Habibie), di sampingnya itu ada piring dan kursi kosong. Beliau pun bilang, 'Ini kursi dan piringnya ibu Ainun," ucap Hanung mengenang saat ditemui di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Kepergian Habibie pada Rabu (11/9/2019) sore pun menyisakan duka mendalam bagi Maudy. Maudy sedih, Habibie tak bisa menyaksikan usahanya berakting menjadi Ainun muda. Dalam film Habibie & Ainun 3 yang rencananya tayang akhir tahun ini, Maudy berperan sebagai Ainun.

Sedih bgt eyang belum sempat nonton film Ainun… pengen bgt nunjukin usaha aku menjadi ibu Ainun seperti yang selalu Eyang ceritakan ," tulis Maudy melalui akun Instagram @maudyayunda seperti dikutip Kompas.com, Kamis (12/9/2019). Denny Sumargo melalui akun Instagram @sumargodenny juga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kepergian Habibie. Denny mengaku banyak memetik pelajaran berharga dari sosok Habibie.

Denny mengunggah foto bersama Habibie dan memberi keterangan tulisan sebagai berikut: Hari ini, Tanah Air berduka … . Perginya seorang Pahlawan Bangsa. Tapi buat saya, kepergianmu meninggalkan sebuah pembelajaran paling berharga soal kehidupan yang tertanam dan tumbuh di dalam hidup kita semua. Belum lagi soal cinta sejati, darinya saya mengerti, cinta bukan sekadar retorika, cinta lebih dari perihal rasa, tapi cinta, adalah cerita yang harus tumbuh dengan makna.

Selamat jalan, Eyang. Saya tahu, ini hari yang menenangkan bagimu, untuk akhirnya pergi dalam bahagia, untuk selamanya saling menggenggam, untuk bersatu, memulai babak baru dalam kebahagiaan yang abadi bersama Ainun.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment