Otomotif

Cara Gampang Deteksi Carbon Cleaner Mesin yang Tak Rusak Komponen Mesin

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Masih ngomongin soal membersihkan ruang bakar dari kerak, salah satu yang ampuh adalah dengan menggunakancarbon cleaneryang biasa dijual dalam berbagai macam merek dan jenis. Untuk yang tipenya disemprot, ada yang berupa cairan danfoam(busa) walau fungsinya sih sama. Nah ada yang yang bilangcarbon cleanerdengan bentukfoamlebih bagus ketimbang yang cairan. Apa benar begitu?

Ada sebagian bengkel yang mengatakan bahwacarbon cleanerberbahanfoamatau busa dirasa lebih amanbagi komponen mesin seperti piston, silinder atau klep dibandingcarbon cleanertipe cairan. "Untukcarbon cleanertipefoamtidak begitu keras seperti padacarbon cleanertipe cairan, jadi penggunaancarbon cleanertipefoamtidak begitu merusak mesin. Sedangkan untuk tipe cairan apalagi yang kualitasnya kurang bagus bisa merusak komponen yang terbuat dari besi" ucap Sugiyanto atau akrab disapa Ugie pemilik bengkelAuto Clinic. Menurut Ugie,carbon cleanerjenis cairan biasanya memiliki kandungan kimia zat asam yang lebih keras dibanding tipefoam.

Zat asam ini bertugas untuk membersihkan dan menggangkat kerak karbon. Terlalu kerasnya zat asam yang terkandung pada cairancarbon cleanerakan berdampak buruk bagi komponen yang terbuat dari besi seperti piston, ring piston, dinding silinder sampai klep. Apalagi kalau cairancarbon cleaneryang dipakai kurang bagus.

Bagaimana cara mengetahui cairancarbon cleaneryang enggak bagus kualitasnya? Hal ini langsung dijawab oleh Hendra, DirekturPT Trioline Agung Perkasadistributor Bluechem yang juga menjual produkcarbon cleaner. "Untuk menguji kandungancarbon cleanerdengan sederhana bisa dirasakan dahulu dengan tangan. Bila saat cairan carbon clener disentuh tangan terasa panas dan gatal, berarti itu menandakan bahwa kandungancarbon cleanerterlalu keras, ini akan sangat berbahaya bagi mesin," jelas Hendra.

Untukcarbon cleanertipefoamatau busa kandungan zat asam dan kimia lainnya tidak terlalu keras sehingga aman untuk komponen mesin. "Untuk tipefoamseperti Blue Chem memiliki kandungan zat asam yang tidak terlalu keras sehingga tidak begitu merusak komponen yang terbuat dari besi," tutup Hendra.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment