Pendidikan

Cek Alur & Persiapkan Sederet ketentuan Ini Website Pendaftarannya Akan Dibuka Besok Senin

Avatar
Written by Fatika Mutiara

CPNS 2019 jadi salah satu yang paling ditunggu banyak orang. Kabar soal CPNS 2019 sudah ramai dibicarakan sejak beberapa bulan ke belakang. Akhirnya besok Senin 11 November 2019 mulai dibuka pendaftaran CPNS, intip alurnya di sini.

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun anggaran 2019 kembali dibuka.PendaftaranCPNS melaluiwebsitemulai dibuka Senin, (11/11/2019) . Lantas bagaimana alurnya? Dikutip dari twitter resmi Badan Kepegawaian Nasional (BKN) @BKNgoid, Sabtu (9/11/2019), langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka website

Websiteini akan tersedia mulai senin esok, (11/11/2019). BKN mengimbau membuatakundan mendaftar untuk mengikuti seleksi harus menggunakan PC atau laptop. Anda tidak disarankan menggunakan ponsel maupun tablet.

"Gunakan PC/Laptop ketika melakukanpendaftaran. No Smartphone/Tablet !!!," tulis @BKNgoid dalam akun twitternya dikutip Kompas.com , Sabtu (9/11/2019). Usai membuka website, buatlah akun SSCN 2019. Pembuatan akun harus menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu keluarga (KK). Nomor KK juga bisa diganti dengan NIK Kepala Keluarga.

Setelah selesai membuat akun, login lah ke akun baru tersebut dengan menggunakan NIK maupun sandi (password) yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Pastikan password yang Anda masukkan tepat. Setelah itu, Anda diwajibkan mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu InformasiAkunsekaligus melengkapi biodata pribadi. Usai melengkapi biodata, pilih jenis formasi dan jabatan yang sesuai dengan background pendidikan Anda.

Pastikan Anda melengkapi data dan mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, KK, KTP, dan sebagainya. Sebelum mencetak kartu pendaftaran, pastikan Anda mengecek ulang data data yang Anda masukan. Sebab, setelah di submit, Anda tidak bisa mengubah data lagi.

"Proses perbaikan data masih dapat dilakukan selama dalam tahap simpan data. Setelah submit/kirim data lamaran maka sudah tidak dapat diubah kembali," tulis @BKNgoid. Jangan lupa juga untuk memverifikasi pendaftaran Anda.

Menyambut pembukaan pendaftaran CPNS 2019 pada 11 November 2019, Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis kisi kisi untuk SKD. Tepatnya pada Kamis, 7 November 2019 BKN secara resmi rilis bocoran soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Hal itu seperti dikutip dari unggahan Twitter resmi BKN dengan nama akun @BKNgoid.

Dimana admin dari akun @BKNgoid tersebut menggunggah bocoran soal SKD. "Hai #SobatBKN mau tahu bocoran soal SKD #CPNS2019? Yuk simak kisi kisinya yang sudah mimin rangkum dalam infografis tsb." tulis akun Twitter BKN. Namun, jangan salah sangka dulu terhadap unggahan Twitter BKN tersebut.

Pasalnya bocoran soal SKD yang dimaksud BKN, bukanlah kumpulan soal soal yang selama ini dicari cari para calon pendaftar CPNS 2019. Di dalam boncoran soal SKD CPNS 2019 yang dimaksud oleh BKN merupakan, infografis aspek apa saja yang terkandung di dalam soal soal SKD CPNS 2019 mendatang. Jika dijabarkan bocoran soal SKD CPNS 2019, yang dimaksud BKN adalah seperti berikut.

Meliputi; Nasionalisme Integritas

Bela Negara Pilar Negara Bahasa Indonesia

Meliputi; Kemampuan Verbal Kemampuan Numerik

Kemampuan Figural Meliputi; Pelayanan Publik

Jejaring Kerja Sosial Budaya Teknologi Informasi dan Komunikasi

Profesionalisme Nah, sudah tahu kan bocoran soal SKD CPNS 2019 versi BKN? Jadi beberapa aspek di atas merupakan kisi kisi yang dimaksud oleh BKN 2019.

Jelang seleksi CPNS 2019, berikut pertanyaan yang sering ditayakan calon pelamar ke BKN dari Ijazah Hingga 'Suket' Mendekati seleksi CPNS 2019 pada 11 November 2019, BKN merilis beberpa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para calon pendaftar. Diketahui sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka portal LAPOR BKN, yang menerima berbagai pertanyaan seputar syarat syarat yang harus dilampirkan pada seleksi CPNS 2019.

Nah, kali ini BKN menerangkan bahwa mereka setidaknya menerima sekitar 50 pertanyaan per 1 November 2019. 50 pertanyaan tersebut merupakan kumpulan pertanyaan mengenai seleksi CPNS 2019. Bahwasanya, sejak diumumkan dibukanya pendaftaran seleksi CPNS 2019 pada Senin, 28 Oktober 2019 lalu, terdapat pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon pendaftar.

Pertanyaan yang sering ditanyakan, tak lain mengenaik penggunaan Surat Keterangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau KTP sementara. Selain itu, juga pertanyaan yang sering ditanyakan adalah mengenai penggunaan Surat Keterangan Lulus atau SKL. Kemudian di susul persoalan akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi.

Bahkan ada juga pertanyaan mengenai bagaimana jika Ijazah hilang. Dan persolaan Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih dalam tahap proses atau sedang diperpanjang. Hingga pertanyaan soal Ijazah bagi lulusan luar negeri.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana juga menegaskan bahwa calon pelamar yang belum punya KTP asli, diberpolehkan menggunakan KTP sementara. Bagi yang belum paham dengan KTP sementara, Bima Haria menganalogikan sebagai Surat Keterangan atau disingkat 'Suket'. Bima Haria menyampailan keterangannya pada, konferensi pers yang digelar di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rabu 30 November 2019.

“Calon pelamar yang belum mendapatkan KTP Asli, diperbolehkan melampirkan KTP sementara atau yang sering disebut Surat Keterangan (Suket).” ucap Bima.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment