Pendidikan

Ditutup 24 Juni, Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019 Sudah Capai 500 Ribu, LTMPT Umumkan 6 Faktor Penentu

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMP) membuka pendaftaran SBMPTN 2019 pada 10 24 Juni 2019. Jumlah peserta yang pendaftar SBMPTN hingga Kamis (20/6/2019) pukul 16.00 WIB sudah mencapai 500 ribu lebih. Melalui laman resminya, LTMPT mengumumkan enam faktor penentu dalam penerimaan jalur SBMPTN 2019.

Mengutip dari Instagram @sekresbmptn , secara nasional, sudah terdapat 510.680 pendaftar. Menurut pilihan prodi, jumlah tersebut terdiri dari pendaftar Saintek sebanyak 250.936. Untuk jumlah Soshum sebanyak 253.480.

Sementara untuk pilihan Saintek/Soshum sebanyak 6.264. Menurut status, dari total jumlah pendaftar terdapat 375.529 pendaftar reguler. Untuk golongan bidikmisi sebanyak 135.151 peserta telah mendaftar.

Jumlah protofolio yang telah terkumpul yakni 5.298. Halo sobat LTMPT, mimin mau kasih tau update terbaru tentang Info progres pendaftaran SBMPTN secara Nasional per 20 Juni 2019 Pukul 16.00 WIB, yuk simak gambar berikut :). #SBMPTN #LTMPT LTMPT juga memberikan informasi seputar pendafataran SBMPTN 2019 melalui laman resminya ltmpt.ac.id.

Mengutip dari laman web tersebut, ada enam faktor penerimaan jalur SBMPTN 2019. 1. Pilihan PTN 2. Pilihan program studi

3. Daya tampung/kuota prodi 4. Jumlah peminat 5. Nilai UTBK siswa

6. Keketatan prodi Pada pengumuman tersebut, LTMPT juga menyampaikan jika sampai saat ini, rektor PTN, wakil rektor, maupun LTMPT tidak pernah mengeluarkan passing grade prodi maupun PTN. Nilai UTBK peserta bersifat rahasia, artinya hanya diberikan secara individu.

Nantinya, sistem akan memilih secara otomatis nilai UTBK peserta yang terbaik dari komposiis nilai UTBK gelombang I atau II. Sementara itu, nilai UTBK terdiri dari nilai TPS dan TPA Saintek untuk peserta Saintek dan nilai TPS dan nilai TKS Soshum untuk peserta Soshum. Pada pendaftaran SBMPTN 2019 ini, peserta diberikan kesempatan uintuk mendaftar maksimal dua program studi.

Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum.

Urutan dalam memilih program studi tandanya menyatakan prioritas pilihan. Informasi mengenai program studi PTN serta daya tampungnya dapat dilihat di Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman dengan cara sebagai berikut.

Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019). Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN Mengunggah borang portofolio*) bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman .

Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment