Seleb

Ganjar Pranowo Terkejut Pemain Kendang Dory Sedih Dapat Kabar Duka Ini Sebelum Didi Kempot Tiada

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Satu bulan sebelum Didi Kempot meninggal dunia, sang pemain kendang, Dory Harsa mengaku sudah terlebih dahulu menerima kabar duka. Merasakan kesedihan Dory Harsa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun turut mengucap kedukaannya. Cerita tersebut diurai Dory Harsa ketika video call dengan Ganjar Pranowo.

Diwartakan sebelumnya, penyanyi campursari Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa (5/5/2020). Didi Kempot meninggal dunia dalam usia 53 tahun. Penyanyi yang dijuluki Godfather of Broken Heart itu wafat pada pukul 07.30 di RS Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah.

Dokter Rumah Sakit Kasih Ibu Solo menjelaskan, dari diagnosis awal, meninggalnya Didi Kempot (53) karena henti jantung. Sebagai sosok yang dekat dengan Didi Kempot, sang pemain kendang, Dory Harsa mengaku sedih. Apalagi diakui Dory Harsa, Didi Kempot sudah ia anggap seperti ayahnya sendiri.

Sosok Dory Harsa pemain kendang Didi Kempot rupanya membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo penasaran. Termasuk soal latar belakang Dory Harsa bisa bergabung dengan band pengiring Didi Kempot. "Mas Dory, jenengan kok bisa bergabung dengan Mas Didi itu gimana sejarahnya ?" tanya Ganjar Pranowo dikutip dari kanal Ganjar Pranowo.

Ditanya Ganjar Pranowo, kenangan Dory Harsa pun terlempar di puluhan tahun lalu. Yakni ketika Dory Harsa menyaksikan sendiri Ayahnya menjadi sahabat karib Didi Kempot. Ya, diakui Dory Harsa, Ayahnya dulu juga menjadi pemain kendang di tiap show Didi Kempot.

"Dulu, suatu waktu saya masih kecil, masih usia TK ,Bapak saya sudah berkawan dan bersahabat dengan Mas Didi. Jadi dulunya ke sana kemari di antar kota show Mas Didi didampingi Bapak saya," ungkap Dory Harsa. Punya darah seni yang tinggi dari orangtuanya, Dory Harsa pun akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia seni. Yaitu dengan menjadi pemain kendang Didi Kempot.

Bahkan diakui Dory Harsa, ia sudah ikut Didi Kempot sejak remaja. "Saya beranjak remaja, satu rumah pelaku seni semua, saya tertular ilmu dari Bapak saya," "Karena dari kecil saya ikut Mas Didi, dari SMA kelas 1 sampai sekarang orang mengenal saya," pungkas Dory Harsa.

Mengenang sosok Ayahnya, Dory Harsa tampak murung. Kepada Ganjar Pranowo, Dory Harsa bercerita bahwa sang Ayah telah meninggal dunia tak lama sebelum Didi Kempot berpulang. "Almarhum Bapak saya, kebetulan sebulan lalu meninggal. Itu sahabat karibnya Mas Didi," imbuh Dory Harsa.

"Semoga husnul khotimah ya Bapak, Mas !" ucap Ganjar Pranowo. "Aamiin, Aamiin sembah nuwun," balas Dory Harsa. Atas kepergian sang Ayah, Dory Harsa pun mengurainya.

Dijelaskan Dory Harsa, sang Ayah meninggal dunia satu bulan sebelum Didi Kempot tiada. Ayah Dory Harsa meninggal dunia pada 5 April 2020. Sementara Didi Kempot meninggal dunia pada 5 Mei 2020.

Mendengar hal tersebut, Ganjar Pranowo pun tampak terkejut. "Kebetulan di tanggal 5 April juga Bapak saya (meninggal)," ungkap Dory Harsa. "Persis sebulan (sebelum Didi Kempot meninggal) ?" tanya Ganjar Pranowo seraya terkejut.

"Iya sebulan Pak. Jadi saya ini kehilangan dua sosok yang saya anggap seperti orangtua saya sendiri," pungkas Dory Harsa. Kehilangan sosok Didi Kempot tentu menyisakan kesedihan di hari Dory Harsa. Meski begitu, kenangan soal sosok Didi Kempot tak akan bisa hilang dari ingatan Dory Harsa.

Termasuk kenangan soal bagaimana cara Didi Kempot terus berkarya dan semangat di usianya yang sudah tua. "Saya merasakan betul, setiap hari, Mas Didi, kita yang ikut konser beliau aja kadang capek. Tapi Mas Didi sama sekali (tidak capek), obatnya Mas Didi itu cuma satu, guyon sama teman, tidur lalu segar kembali," kenang Dory Harsa. Dory Harsa menuturkan, Didi Kempot bukan hanya sebatas seorang seniman.

Ia menganggap Didi Kempot sebagaiu seorang panutan. "Bulan lalu saya kehilangan bapak saya, hari ini saya kehilangan lagi. Sosok panutan serta seseorang yang membangun pribadi saya hingga menjadi seperti saat ini.

Terima kasih untuk seluruh dedikasi, karya, serta ilmu yang diberikan. Bahagia dan tenang selamanya di surga, ndan." tulis pemain kendang Didi Kempot, Dory Harsa. Dory Harsa tampak mendatangi Rumah Sakit Kasih Ibu Kota Solo seusai mendengar kabar duka meninggalnya penyanyi campur sari, Dionisius Prasetyo atau Didi Kempot, Selasa (5/5/2020).

Ia hadir di kompleks rumah sakit itu sekira pukul 11.30 WIB. Dory tampak mengenakan pakaian kemeja hitam yang dipadukan dengan kacamata gelap serta masker. Ia tidak banyak berkata kata. Dory memilih langsung masih tanpa mau diwawancarai pewarta.

Ia berada di Rumah Sakit Kasih Ibu tidak sampai setengah jam, dan keluar lagi pukul 12.00 WIB kurang. Di Instagram, Dory Harsa memasang status gambar hitam polos. Ia tak menulis satu parah kata pun di status Instagram tersebut.

Meski demikian, sejumlah followers Dory, sudah mengerti bila status itu adalah ungkapan duka cita Dory terkait meninggalnya Didi Kempot. Dory Harsa diketahui tak tampil mengiringi di konser terakhir Didi Kempot. Fans Sobat Ambyar berspekulasi, Dory tak lagi bekerja bersama Didi Kempot.

Hal itu pun hingga kini belum terjawab pasti.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment