Metropolitan

Gunakan Sereh & Jeruk Purut Sebagai Bahan Penyemprotan Disinfektan

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Agar tidak membahayakan,Taruna Merah Putih (TMP) DKI Jakarta menggunakan bahan herbal untuk bahan penyemprotan disinfektan. Bahan yang digunakan adalah campuran dari sereh dan jeruk purut. “Jadi ketika disemprot manusia dan binatang peliharaan tidak terganggu," kata Ruth Angela salah satu pengurus DPD TMP DKI Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Campuran bahan ini diyakini juga menangkal penyebaran nyamuk demam berdarah. Sejauh ini, lanjutnya, dalam setiap kegiatan tim terbagi tiga tim yang masing maing tim dua orang memakai pipa semprot dengan didampingi Ketua RT, Ketua RW dan dari kalangan Ibu PKK. “Tidak ada warga yang menolak, kami semprot dari rumah warga yang padat penduduk, fasilitas sosial dan umum seperti musala dan sekolah," katanya.

"Kami juga tidak memilih berdasarkan warga dengan pilihan politiknya. Itu semua berlaku untuk semua,” sebutnya. Dia bercerita, usai kegiatan yang akan dilanjutkan setelah perayaan lebaran ini, TMP DKI Jakarta juga sudah membagikan ribuan masker. “Dananya dari swadaya gotong royong. Pengurus DPC seperti di Jakarta Timur yang dikomandoi Hizkia Saduk dan Samuel Sitompul, Jakarta Barat ada Tari, Jakarta Pusat itu Andi Mangkona dan Feri Sinaga serta Jakarta Utara dikomandoi Gerid Nainggolan. Semua ikut terlibat dalam kegiatan ini, dari dana bersama dan tenaga,” imbuh Ruth.

Koordinator Kegiatan sosial TMP DKI Jakarta, Rolas Sitinjak mengungkapkan, aksi ini merupakan arahan dari Ketua Umum (Ketum) TMP Maruarar Sirait untuk melakukan aksi nyata atas musibah pandemi covid 19. TMP hadir di tengah masyarakat dengan semangat gotong royong. TMP bukan hadir saat adanya pemilu saja," katanya. Rolas mengatakan, sejak 29 Maret hingga hari ini, TMP DKI Jakarta sudah melakukan gerakan penyemprotan disinfektan dan pembagian ribuan masker pada puluhan titik yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

“Hari ini, akan menyemprot di dua RT di Jalan Bhineka II RW 09, Jatinegara,” katanya.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment