Kesehatan

Hal-hal Ini Perlu Diperhatikan Selama Puasa Bagi Ibu yang Sedang Hamil Tua

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Hal hal ini perlu diperhatikan selama puasa bagi ibu yang sedang hamil tua. Hari ini, Jumat (24/4/2020) masyarakat Indonesia sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Bagi ibu yang hamil dan menyusui, kondisi ini merupakan kondisi khusus.

Terutama bila ibu sedang hamil tua dan memutuskan untuk puasa. Hamil tua boleh puasadengan syarat kondisi kesehatan dan kebutuhan ibuterpenuhi. Sebuah penelitian oleh Ziaee,et al(2010) menunjukkan bahwa puasa saat hamil tidak berhubungan dengan pertumbuhan janin dalam kandungan dan waktu lahir bayi, jika ibu bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik.

Penelitian lain dalamJournal of Research in Medical Sciences(2011) juga mengatakan puasa tidak berdampak buruk pada pertumbuhan janin, volume cairan ketuban, dan sirkulasi darah dalam plasenta. Jadi, hamil tua boleh puasa dengan syarat kondisi kesehatan dan kebutuhan ibu terpenuhi.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment