Kesehatan

Ini 6 Efek Buruk Malas Mandi Bagi Kesehatan Ashanty Punya Kebiasaan Jarang Mandi

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Mandi bisa jadi menurut sebagian orang adalah kegiatan yang membosankan. Karena itulah banyak orang yang malas mandi. Padahal mandi bukan hanya untuk membersihkan tubuh dari kotoran saja, melainkan juga untuk menjaga kesehatan.

Aktifitas singkat ini dapat menghindarkan dari berbagai kemungkinan buruk bagi kesehatan. Lantas, apa saja dampak buruk dari kebiasaanjarang mandi? Berikut rangkum 6 dampak buruk dari kebiasaanjarang mandidilansir dari berbagai sumber, Sabtu (2/11/2019).

Apakah kamu merasa gampang sakit atau mudah tertular penyakit? Bisa saja itu karena kebiasaan burukjarang mandi. Tanpa sadar kamu melewatkan kegiatan singkat ini dan beranggapan dengan gosok gigi dan cuci muka saja sudah membuat kamu bersih.

Ternyata mandi sebenarnya berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai kuman yang menempel di tubuh akan hilang karena guyuran air dan sabun. Tubuh lemas yang tersiram air dingin bisa memicu aktifitas sel darah putih lebih meningkat.

Hal itu bisa membuat daya tahan tubuh lebih baik di penghujung aktifitas. Dengan begitu kamu tidak akan mudah tertular penyakit. Rasa malas dan frustasi akan semakin berlipat jika kamu malas mandi.

Jika kamu mau mengambil handuk dan beranjak ke kamar mandi, maka kamu akan mendapatkan keuntungan sensasi relaksasi yang menyegarkan pikiran. Aroma wangi sabun juga bisa sebagai aromaterapi yang membuat lebih semangat. Mandi juga bisa membuat pikiran lebih jernih.

Malas mandi tak hanya membuat kulit tampak kusam, tapi juga membuatmu kehilangan kesempatan untuk memperkuat kesuburan. Menurut sebuah penelititan di London, mandi dengan air dingin di waktu pagi hari bisa meningkatkan produksi hormon testosteron bagi cowok dan hormon estrogen bagi cewek. Apakah kamu rela mengorbankan masa depannya hanya karena malas mandi?

Menunda mandi juga seringkali dilakukan karena alasan kelelahan. Alih alih membersihkan muka atau badan, tak jarang kamu lebih suka pergi tidur langsung dalam kondisi badan penuh debu dan keringat. Secara tidak sadar hal ini membuatmu menjadi gelisah dana tidur tidak nyenyak.

Bahkan membuatmu pegal pegal saat bangun. Jika mau meluangkan waktu untuk mandi, maka kamu akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Mandi bisa menjadi jurus ampuh untuk memperlancar peredaran darah.

Apalagi jika menggunakan air hangat, maka otak akan terpicu untuk mengeluarkan hormon melatonin yang berfungsi dalam siklus harian tubuhmu dan sensasi relaksasi yang membuat tidur lebih nyenyak. Malas mandi layaknya bumerang untuk tubuh. Semakin ogah ogahan mandi, maka tubuh akan otomatis menjadi semakin lemas untuk bergerak melakukan aktifitas.

Tubuh menjadi tak bertenaga dan rasa suntuk juga bisa menyerang kapan saja. Hingga tubuh yang lemas itu akan berujung pada sakit atau flu. Malas mandi membuat kondisi tubuh menjadi kotor dan lesu yang mengakibatkan otak tak bekerja dengan baik.

Bahkan sering kali kamu akan terserang kantuk yang luar biasa. Hal itu juga bisa berdampak pada menurunnya konsentrasi. Selama ini, tak sedikit yang beranggapan mandi hanya untuk tampil bersih.

Padahal dibalik aktifitas singkat ini banyak manfaat yang bisa didapatkan. Nah, jika kamu tak mau melewatkan manfaat ini, pastikan kamu tak lagi berat untuk bergegas ke kamar mandi.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment