Travel

Ini 7 Rekomendasi Lokasi Wisata Gratis di Yogyakarta Cocok buat Liburan Akhir Pekan

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Rekomendasitempat wisata gratisdi Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi saat liburan akhir pekan. Saat liburan jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata di Yogyakarta yang gratis untuk liburan hemat. Selain menghemat budget, deretan tempat wisata di Yogyakarta gratis ini seru dan menarik untuk dikunjungi saat liburan akhir pekan.

Rekomendasitempat wisata gratisdi Yogyakarta untuk liburan akhir pekan pertama adalah Museum Pura Pakualaman. Museum Pura Pakualaman berisi benda benda bersejarah peninggalan masa Sri Pakualam I hingga VIII. Ada juga foto bersejarah, perkakas rumah tangga, kereta kuno, baju tradisional, dan senjata.

Museum ini berlokasi di Jalan Sultan Agung, Puro Pakualaman, Purwokinanti, Pakualaman. Museum ini buka setiap pukul 09.00 hingga 14.00 WIB untuk hari Senin hingga Jumat. Sementara itu, buka pukul 09.00 hingga 12.00 WIB untuk hari Sabtu.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan tempat wisata yang berlokasi di dekat Pantai Parangtritis. Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat berada di sana. Mulai dari menikmati sunset hingga berselancar pasir.

Bagi kamu yang penasaran dengan sensasi berseluncur pasir di sana, kamu wajib berkunjung ke sana. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Yogyakarta. Rekomendasitempat wisata gratisdi Yogyakarta berikutnya adalah Studio Gamplong.

Tempat wisata ini sempat menjadi lokasi syuting Bumi Manusia dan Sultan Agung:The Untold Love Story yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Studio Gamplong terdiri dari banyak bangunan semi permanen untuk kebutuhan syuting, seperti pendopo, gerbang, keraton, benteng, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lokasinya berada di Studio Alam Desa Wisata Gamplong, Jalan Gamplong Nomor 1.

Pengunjung bisa datang setiap hari mulai dari pukul 10.00 22.00 WB. Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta. Di sana menyimpan berbagai koleksi kepresidenan mulai dari foto, lukisan, guci, hingga cenderamata dari berbagai negara.

Lokasi Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta berada di Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan. Buka mulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB setiap hari Senin sampai Kamis. Alun alun kidul atau yang lebih dikenal dengan nama Alkid menjadi tempat wisata alternatif saat malam hari.

Di sana kamu bisa berburu kuliner enak dan beragam. Lokasi Alun alun Kidul berada di Jalan Alun alun Kidul, Patehan, Kecamatan Keraton. Tempat wisata gratis di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah Titik Nol Yogyakarta.

Titik Nol Yogyakarta merupakan pusat keramaian yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Yogyakarta. Lokasinya berada di Jalan Pangurakan Nomor 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan. Selain Titik Nol Yogyakarta, kamu juga bisa menjelajah Jalan Malioboro terlebih dahulu.

Di jalan ini ada banyak pedagang yang menjual berbagai suvenir hingga batik untuk oleh oleh. Ada juga berbagai jajanan hingga kuliner khas Yogyakarta yang bisa kamu beli.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment