Bisnis

Ini Kata BI soal Dampaknya menuju Pasar Keuangan Presiden Donald Trump Dimakzulkan

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Bank Indonesia (BI) menyatakan, perkembangan kondisi perpolitikan global bakal mempengaruhi pergerakan pasar keuangan. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, kabar politik teranyar berhembus dari Amerika Serikat (AS) yakni pemakzulan terhadap Presiden AS Donald Trump. "Kondisi politik di AS akan pengaruhi pergerakan di pasar keuangan global, khususnya jangka pendek," ujarnya di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Menurut Perry, finalisasi proses pemakzulan Presiden Donald Trump akan berpengaruh lebih banyak ke nilai tukar dolar AS. "Pemakzulan dalam jangka pendek pengaruhi pasar global di nilai tukar. Pengaruhnya ke suatu negara tergantung seberapa baik ekonomi di suatu negara," katanya. Kabar baiknya, lanjut Perry, Indonesia tidak terkena dampak signifikan dari sentimen tersebut, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS justru menguat.

"Di Indonesia minimal pengaruhnya. Dari nilai tukar rupiah tidak melihat pengaruhnya yang signifikan. Hari ini bergerak di Rp 13.980 hingga Rp 13.990," pungkasnya.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment