Otomotif

Injektor Motor Perlu Dibersihkan Agar Terhindar dari Risiko Berkerak

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Jika Anda memiliki motor dengan pasokan bahan bakar sistem injeksi langsung, ada baiknya rutin melakukan perawatan berkala agar performa motor tetap ngacir. Secara teori, proses pembakaran di sepeda motor injeksi tetap ada sisa pembakaran. "Injektor dan ruang bakar yang telah mengalami proses pembersihan, efeknya dapat menyegarkan performa mesin, menghaluskan idle, memperbaiki performa akselerasi, menghemat bahan bakar serta memperbaiki emisi gas buang," ungkap Harry Nurdin, owner Daytona Engine Care dalam sesi training produk Daytone, Brisk dan Regina di di Jakarta, Sabtu, 29 Februari 2020.

Karena itu, membersihkan berkala injektor disarankan agar dilakukan. Manfaatnya, mesin jadi mudah dihidupkan, membersihkan sumbatan di injektor, dan meningkatkan pembakaran dan performa mesin. Manfaat lainnya adalah mencegah hentakan dan kelambatan ketika kecepatan meningkat, dan melindungi sistem bahan bakar terhadap karat dan korosi. Dia menjelaskan, Daytona menyediakan sejumlah jenis produk pembersih injektor tadi.

Misalnya, Daytona Engine Care Motorcycle Fuel Injector Cleaner (Pressure). Produk ini diklaim mampumembersihkan sisa pembakaran pada injektor dan memperbaiki pola aliran serta pola injektor dan membuat mesin bekerja optimal. Produk lainnya adalah Motorcycle Fuel Injector Cleaner 60 Ml (Non Pressures). Ini merupakancairan pembersihinjektor untuk mesin berbahan bakar bensin. Fungsinya membersihkan saluran bahan bakar, klep dan ruang pembakaran dari penumpukan karbon. Selain itu juga bekerja mengurangi emisi gas buang dan gas berbahaya lainnya sekaligus mningkatkan performa kendaraan. Produk ini dapat digunakan untuk motor manual ataupun matik dengan dikocok terlebih dulu sebelum digunakan.

"Produk ini tidak mengendap atau membuat kerak, melindungi sistem bahan bakar terhadap karat dan korosi, mnekan tingkat polusi," jelasnya. Cara kerjanya, cairan produk ini dimasukkanke dalam alat khusus injector cleaner, kemudian buka saluran pipa bahan bakar dan sambungkan ke alat khusus injector cleaner tersebut. Kemudian, hidupkan mesin dengan beberapa variasi kecepatan hingga produk ini bekerja sempurna.

Pihaknya juga menyediakan Motorcycle Fuel Injector Cleaner tipe Presssures yang merupakan pembersih berkonsentrat dengan bahan bakar oktan tinggi. Produk ini diformulasikan untuk membersihkan sisa pembakaran dan memperbaiki pola aliran pada sistem injektor dan ruang bakar kendaraan anda dengan kuat, cepat, aman, praktis dan efisien. Proses pembersihannya menggunakan kerja mesin dengan alat yang dirancang terpasang langsung ke sistem bahan bakar mesin, perangkat keras dan adaptor yang tepat. Ketika terhubung dengan baik, mesin bekerja otomatis pada isi kaleng.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment