Techno

Inovasi Sistem Navigasi ‘AIS Kelas B’ Bisa Tingkatkan Hasil Tangkapan Ikan

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Inovasi dan teknologi tentu saja dibutuhkan semua sektor pemerintahan, termasuk dalam industri kemaritiman tanah air. Melalui inovasi terbarunya, 'AIS (Automatic Identification System) Kelas B', Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mencoba mendorong peningkatan keselamatan pada transportasi laut. Inovasi sistem navigasi ini pun baru saja diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam rangkaian puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 24 yang digelar di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan AIS Kelas B ini memiliki keunggulan lain yakni mampu meningkatkan hasil tangkapan para nelayan. Karena inovasi BPPT ini dapat menunjukkan dan memandu kapal menuju posisi keberadaan kumpulan ikan. Bahkan sistem navigasi ini juga diyakini bisa menjaga keselamatan para nelayan saat berada di tengah laut.

"Tentu inovasi AIS akan dapat meningkatkan hasil produksi penangkapan ikan, serta menjaga keselamatan nelayan yang melaut," ujar Hammam. Hammam menambahkan bahwa inovasi ini telah tersertifikasi oleh Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub). "Inovasi AIS telah memiliki certificate type approval, yang diberikan oleh Balai Teknologi Keselamatan Transportasi Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub," kata Hammam.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment