Travel

Kalibaru, Surga Tersembunyi di Banyuwangi Selain Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Selama ini Banyuwangi, Jawa Timur identik dengan Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah. Ya, dua destinasi wisata tersebut mampu membawa nama Banyuwangi dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah, Banyuwangi juga memiliki tempat wisata menarik di Kalibaru.

Terletak di sebelah barat Kabupaten Banyuwangi dan berbatasan dengan Jember, Kalibaru dikelilingi pegunungan dan berada di bawah kaki Gunung Raung. Karena letaknya inilah tidak heran jika Kalibaru memiliki beberapa potensi wisata perkebunan yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata perkebunan, traveler juga bisa menikmati wisata lori, kereta api kecil, dan telaga.

Wisata lori di Kalibaru ini diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional IX pada 20 Maret 2016 lalu. Jarak tempuh wisata lori Kalibaru ini sekitar 1800 meter melintasi perkebunan dengan ketinggian 4000 meter di atas permukaan laut. Lori didesain dengan jendela terbuka sehingga wisatawan bisa merasakan udara sejuk Kalibaru.

Wisata Lori Kalibaru beroperasi pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu dari pagi hingga sore hari. Tiket untuk wisata lori ditawarkan dalam bentuk paket yakni Rp 1,2 juta untuk kapasitas 12 orang. Karena wisata lori ini akan melalui terowongan dan jembatan, wisatawan juga harus memiliki nyali kuat.

Khusus traveler yang takut ketinggian bisa mencoba wisata lain di Kalibaru. Di Kalibaru, terdapat wisata alam berupa telaga yang dikenal dengan nama Wisata Alam Banyuanyar. Wisata Alam Banyuanyar terletak di Dusun Curah Leduk, Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.

Meski baru dibuka sejak Januari 2019, Wisata Alam Banyuanyar ramai dikunjungi wisatawan dalam maupun luar kota. Wisata Alam Banyuanyar sendiri berupa telaga yang dikelilingi pepohonan rindang. Tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakan, karena pihak pengelola Wisata Alam Banyuanyar telah menyiapkan beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan.

Mulai dari wahana rumah pohon, sky bike, flying fox, ayunan dan sebuah kolam renang mini khusus anak anak ada di sini. Bahkan ada juga wahana mandi dalam gua yang bisa traveler kunjungi. Traveler yang penasaran dengan Wisata Alam Banyuanyar cukup membayar tiket masuk Rp 5.000 per orang dan tarif parkir sebesar Rp 2.000.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment