Sains

Kumpulan Foto Gerhana Matahari Cincin dari Berbagai Kota di Indonesia

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Gerhana Matahari Cincin menghiasi langitsebagian langit Indonesia, Kamis (26/12/2019) hari ini. Fenomena langka ini menyedot perhatian masyarakat. Dikutip dari Instagram Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari cincin adalah peristiwa terhalangnya hampir semua bagian tengah piringan Matahari oleh piringan bulan.

Sehingga saat puncak gerhana, Matahari yang terlihat dari Bumi akan terlihat seperti cincin. Saat fase cincin terjadi, maka langit akan meredup hingga seperti saat fajar atau senja. Puncak keredupan akan terjadi padagerhana mencapai klimaksnya.

Gerhana Matahari Cincin magnitudo terbesar terpantau di Selat Panjang, Riau yaitu sebesar 0,984 dengan durasi 3 menit 38,9 detik. Durasi gerhana terlama di Indonesia terjadi di Bengkalis, Riau yaitu selama 3 jam 51 menit 24,7 detik. Sementara durasi gerhana paling singkat terjadi di Merauke yaitu selama 2 jam 12 menit 11,2 detik.

Di Indonesia, waktu mulai gerhana paling awal terjadi di Sabang, Aceh pukul 10.03 WIB dan puncaknya pada pukul 11.49 WIB. Kota yang paling akhir terjadi gerhana adalah di Merauke pukul 14.37 WIT. Dilansir dari , berikut fase gerhana matahari cincin:

1. Saat piringan matahari mulai menutup bulan (gerhana mulai) 2. Saat piringan matahari mulai tertutup oleh seluruh piringan bulan (fase cincin mulai) 3. Saat piringan matahari tergerhanai paling maksimum.

4. Saat piringan matahari terakhir kali tertutup oleh seluruh piringan bulan (fase cincin berakhir) 5. Saat piringan matahari terakhir kali tertutupi bulan (Gerhana berakhir) Dilansir dari ,Kepala Biro Humas BMKG, Akhmad Taufan Maulana menjelaskan, gerhana matahari cincin hari inimerupakan fenomena gerhana Matahari cincin yang kelima selama 2019.

Gerhana Matahari Cincin kali ini juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian timur, seluruh wilayah Asia, Samudera Hindia, Australia bagian utara, dan Samudera Pasifik. Dilansir dari Instagram , momen langka Gerhana Matahari akan dapat disaksikan kembali di Indonesia pada 2023. Pada 2023, masyarakat Indonesia dapat menyaksikan kembali fenomena langka ini, terutama mereka yang tinggal di wilayah Indonesia Timur.

Gerhana Matahari Cincin juga bisa saksikan lagi pada 2031 karena melalui Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment