Otomotif

Menilik Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jokowi Mercedes Benz S600 Guard, Bisakah Dibeli Semua Orang?

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya mobil dinas baru, yakniMercedes Benz S600 Guard, ini sejumlah faktanya. Mercedes Benz S600 Guard akan menggantikan Mercedes Benz S 600 Pullman Guard. Sebelumnya, mobil tersebut digunakan sebagai kendaraan dinas presiden sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Lewat rilis resmi,Kementerian Sekertariat Negara RI menyebutkandipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian Penggantian unit Mercedes Benz S600 Guard kepada Mercedes Benz Indonesia dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan memakai sistem tender umum seperti pengadaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri. "Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung, mengingat diperuntukan bagi pengaman Presiden dan Wakil Presiden," tulis rilis itu.

Spesifikasi Mercedes Benz S600 Guard memiliki tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi untuk penumpangnya. Untuk spesifikasi kendaraan non militer, S600 Guard telah memiliki sertifikat VR10 dengan tingkat perlindungan tertinggi. VR merupakan standar perlindungan balistrik terbaru yang diterapkan oleh negara negara Eropa.

VR Menggantikan standar lama yang sebelumnya dipakai yaitu tingkat sertifikasi B1 sampai B7. VR10 sendiri sudah di atas tingkat B7. Perlindungannya mencakup daya tahan kaca dari senapan serbu. Kacanya terbuat dari polikarbonat dengan ketebalan tertentu yang dapat meredam hantaman peluru kaliber 7,62 mm.

Tidak hanya tahan serangan peluru, mobil ini juga mengusung sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan yang tahan ledakan. Mobil dirancang dengan sasis dan pertahanan khusus yang memastikan kuat terhadap ledakan. Salah satunya yaitu tambahan tameng atau pelat pada bagian bawah bodi.

Sehingga mobil tahan serangan ledakan bukan hanya dari kanan kiri saja, tapi juga atas bawah. Memastikan kabin merupakan tempat yang sangat aman. Mercedes Maybach S600 Guard mengusung mesin V12 berkubikasi 6000cc.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 530 tk dengan torsi 830 Nm. Kecepatan maksimal mampu mencapai 160 kpj. Namun kecepatan ini masih dibatasi secara elektronik.

Sisi kenyamanan didukung suspensi udara AIRMATIC, Anti Slip Regulation (ASR) serta Electronic Stability Program (ESP). Sebagai perlindungan ekstra, tersedia ban run flat atau yang tetap bisa dipakai meski kempis hingga jarak sejauh 30,5 km. Mobil dinas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019 2024 Mercedes Benz S600 Guard punya spesifikasi canggih, dan ternyata tidak sembarang orang bisa memilikinya.

Seperti disebutkan oleh Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication Mercedes Benz Indonesia (MBI), yang mengatakan, konsumen di kelas ini akan dicek latar belakang dan kepentingannya. "Tidak bisa sebab model seperti ini spesifikasi khusus. Setiap konsumen yang ingin beli juga ada proses pengecekan, sehingga pelanggannya jadi terseleksi," kata Hari kepada Kompas.com, Jumat (23/8/2019).

Hari mengatakan, proses pengecekan ini bertujuan untuk melihat latar belakang calon konsumen. Apakah konsumen tersebut terlibat kejahatan atau tidak, kemudian juga soal kesanggupan konsumen yang bersangkutan. "Maaf, misalkan ada yang mau beli tapi masuk daftar daftar hitam seperti kegiatan terorisme dan sebagainya itu tidak bisa. Kemudian apakah mereka dapat dari pihak lain bisa saja.

Tapi secara kebijakan dan sistem hal itu sudah dicegah," kata Hari.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment