Lifestyle

Mudah & Gak Ribet! Tips Stage Photography Pakai Smartphone

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Pergantian tahun tinggal menghitung hari. Banyak acara yang diselenggarakan di berbagai daerah. Untuk menunggu pergantian tahun, banyak penyelenggara yang menggelar konser.

Bagi para penggemar pertunjukan di atas panggung, mungkin sangat gemar untuk mengabadikan performers menggunakan HP pribadi. Apalagi bagi penggiat fotografi panggung yang tak pernah absen setiap ada pertunjukan di kotanya atau bahkan rela mengeluarkan dana lebih untuk berkunjung ke kota lainnya hanya untuk memotret sebuah pertunjukan. Stage Photography bukan hanya untuk memotret panggung musik saja, sebuah pertunjukan teater atau pertunjukan tari juga dapat dikategorikan sebagai fotografi panggung.

Nah, bagi yang belum punya kamera DSLR maupun Mirrorless jangan khawatir. Fotografi panggung dapat juga diambil menggunakan smartphone yang kamu miliki. Kelebihan menggunakan HP saat datang di acara pertunjukan adalah ringkas, tidak melanggar peraturan pertunjukan (banyak dari pertunjukan musik yang tidak memperbolehkan DSLR atau Mirrorless masuk ke venue) dan baterai lebih awet.

Bagi yang ingin mengabagikan sebuah momen di atas panggung, banyak yang belum mengetahui kalau cahaya terbaik adalah cahaya dari panggung itu sendiri. Fotografer pemula kebanyakan masih menggunakan bantuan flash untuk menerangi objek, padahal cahaya flash yang dihasilkan kamera akan bertabrakan dengan cahaya panggung dan mengakibatkan foto menjadi flat. Cahaya panggung sudah diseting sedemikian rupa agar pertunjukan terlihat semakin dramatis dan indah.

Gunakanlah cahaya tersebut untuk mengambil momen diatas panggung dan jangan pernah nyakalan flashmu. Posisi tempat terbaik dapat memengaruhi hasil foto. Tempat terbaik saat ingin memotret pertunjukan adalah bagian paling depan.

Selain tidak terhalang oleh penonton lain, barikade besi di depan panggung musik bisa kita jadikan sandaran agar foto yang kita ambil menjadi stabil dan tidak kabur. Saat berada di sebuah panggung tertutup atau saat malam hari gunakanlah mode HDR. Mode ini membuat ponsel mengambil gambar dengan rentang cahaya yang luas sehingga gambar tidak under exposure.

Kelemahan pada mode ini adalah shutter berjalan lebih lama sehingga kamu tidak bisa buru buru dalam mengambil gambar. Kamu harus menunggu momen yang tepat agar mendapatkan foto yang bagus dan terlihat dramatis. Momen tersebut biasanya terjadi saat performers sedang menyanyikan lagu dengan emosi yang tinggi atau saat musisi memainkan lagu andalan mereka.

Itulah beberapa tips untuk melakukan stage photography menggunakan smartphone. Mudah bukan? Momen berkesan saat melihat pertunjukan dapat kamu abadikan dan bisa kamu posting di media sosial.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment