Superskor

Peluang Pindah Klub Sangat Terbuka Walau Kecil Ilija Spasojevic Jadi Incaran Buriram United Agen

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Ilija Spasojevic membuka peluang untuk bergabung dengan klub asal Thailand, Buriram United. Spasojevic yang kini merumput bersama Bali United memang telah dikaitkan dengan Buriram United sejak pertengahan tahun ini. Performa gemilang yang ditunjukkan oleh Spasojevic menjadi salah satu alasan dibalik ketertarikan Buriram United untuk menggunakan jasa pemain naturalisasi Indonesia tersebut.

Pemain naturalisasi tersebut sukses menjadi top skor Bali United dengan torehan 15 gol. Spasojevic pun mampu membantu tim berjuluk Serdadu Tridatu tersebut untuk merengkuh gelar juara Liga 1 musim 2019/2020. Hal tersebut dikonfirmasi secara langsung oleh Gabriel Budi selaku agen dari Spasojevic.

"Buriram memang menawar Spaso tetapi kami respect dengan Bali United," ujar Gabriel Budi dari kompas.com "Apalagi Spaso masih terikat kontrak dengan Bali United sampai tahun depan. Ya, kalau memang mereka serius biar club by club saja." tambahnya. Gabriel Budi menambahkan apapun bisa saja terjadi dalam dunia sepak bola termasuk transfer pemain.

"Dalam sepak bola semuanya mungkin. Buriram juga beneran tertarik dengan Spaso. Tentu kalau ada urusan kontrak biar diselesaikan antarklub saja," imbuhnya. Namun Gabriel tak menampik kemungkinan Spaso meninggalkan Bali United sangat kecil. Hal ini dengan dinobatkan Bali United sebagai juara liga, tentu tenaga Spaso akan dibutuhkan kembali oleh tim asuhan Teco saat berlaga di ajang sekelas AFC.

Ditambah, kondisi Spasojevic yang masih berduka setelah kehilangan sang istri tentu menjadi faktor non teknis lain. Gabriel Budi memuji mental Spaso yang sangat tabah dan bangkit menghadapi yang telah terjadi. "Saya riset riset melalui American Football juga. Kebanyakan pemain setelah keluarganya meninggal untuk kembali ke lapangan itu butuh waktu bahkan sampai pensiun, karena tidak siap. Tapi, Spaso mentalnya sangat kuat," ucapnya.

Sebelum bergabung dengan Bali United, Spasojevic juga menjadi salah satu pilar andalan bersama klub lamanya yakni Bhayangkara FC. Ilija Spasojevic menjadi pemain naturalisasi Indonesia pada Oktober 2017 lalu. Kompetisi tandingan bernama Liga Primer Indonesia (LPI) mungkin sudah lama bubar.

Namun berkat salah satu klub dari kompetisi itu,Ilija Spasojevicmengenal sepak bola Indonesia. Pada awal tahun 2011, Bali Devata mengontrakIlija Spasojevicsebagai pemain mereka. Ilija Spasojevic langsung berjodoh dengan tanah Indonesia dengan mencetak 10 gol pada musim itu.

Ketika Bali Devata bubar pada, performa apik itu membuatIlija Spasojevicdirekrut olehPSM Makassar, masih di LPI. PerformaIlija Spasojevicmasih cemerlang dengan mencetak 19 gol dari 29 laga. Bahkan, karena ketajamannya sempat ada rumor klub Italia, Brescia berniat merekrutIlija Spasojevic.

Pada 15 Mei 2013,Mitra Kukarresmi menggaetIlija Spasojevicsebagai pengganti atas kegagalan mereka merekrut Andriy Shevchenko. Meski begitu, bersama klub asal Kalimantan Timur itu, Ilija Spasojevic tetap tajam dengan mencetak 10 gol dari 16 laga, serta sempat mengantar klub itu bersaing di papan atas Liga Indonesia. Pada awal 2014,Ilija Spasojeviclalu pindah ke klub lain di Kalimantan,PersisamSamarinda.

Dalam 23 laga disemua ajang bersamaPersisamSamarinda, pemain yang memiliki julukan Spasogoal itu 12 kali menggetarkan jala lawan. Performa apiknya membuatIlija Spasojevicdidekati oleh klub besar,Persib Bandung. Pada akhir 2014,Ilija Spasojevicbergabung denganPersib Bandung.

Sebelumnya, dia hampir saja bermain untuk Pelita Bandung Raya (PBR). Namun, permasalahan kontrak dengan manajemen membuatnya berpaling ke Maung Bandung. Sayang sekali, meski mampu menjadi penyerang diandalkan, karier Ilija Spasojevic bersama Persib Bandung tersendat berkat situasi kacau sepak bola Indonesia pada akhir 2014 hingga 2015 yang mengakibatkan liga sempat dihentikan. Situasi serba tak menentu di Indonesia, membuatIlija Spasojevicpindah ke Malaysia dengan bermain untukMelaka Unitedpada Desember 2015.

BersamaMelaka United,Ilija Spasojevictetap tampil dengan taring tajamnya di depan gawang. Selama dua musim memperkuat tim itu,Ilija Spasojevicmampu membawaMelaka Unitedjuara Liga Primer Malaysia 2016 dan gelar individu sepatu emas alias top skorer dengan 24 gol pada musim 2016. Setelah dua musim kesuksesan di negeri jiran dan situasi sepak bola Indonesia telah membaik, Ilija Spasojevic pindah ke Bhayangkara untuk gelaran Liga 2 musim 2017.

Bersama Bhayangkara,Ilija Spasojeviclangsung tancap gas dengan mencetak 13 gol kala itu dan membawa klubnya juara Liga 1 2017, meski dibumbui banyak kontroversi. Kemudian, jelang Liga 1 2018, Ilija Spasojevic pindah ke Bali United. Sampai saat ini (Liga 1 2019), pemain bertinggi 187 cm itu masih menjadi andalan lini depan klub bernama lain Serdadu Tridatu.

Ilija Spasojevic pernah memperkuat timnas Montenegro di jenjang usia U 17, U 19 dan U 21. Namun, karena sudah lama menetap di Indonesia secara berturut turut dan menikah dengan warga negara Indonesia,Ilija Spasojevicpun mengajukan untuk menjadi warga negara Indonesia. Permohonannya diterima pada Oktober 2017, dan dia pun bisa memperkuat timnas Indonesia di level senior.

DebutIlija Spasojevicterjadi dalam laga Indonesia versus Guyana, dalam laga persahabatan 25 November 2017. Dia mencetak dua gol kala itu. Hingga kini,Ilija Spasojevicmasih beberapa kali mendapat panggilan untuk memperkuat timnas Garuda.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment