Travel

Penumpang Tidur di Lantai Kabin, Foto Memalukan Pasangan Turis Ini Viral di Instagram

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Traveling menggunakan pesawat kelas ekonomi terkadang kurang nyaman untuk tidur. Selain karena jarak antar kursi terlalu dekat, juga karena penumpang lain yang mungkin sedikit mengganggu. Namun keadaan ini tak membuat dua penumpang tidak bisa tidur di dalam pesawat.

Dalam foto yang diunggah oleh akun Instagram @passengershaming, terlihat dua penumpang tidur di pesawat dengan posisi yang memalukan. Satu penumpang tidur di tiga kursi sekaligus dengan posisi kepala di dekat jendela. Sementara satu penumpang lain tidur di lantai, di dekat kursi temannya.

Unggahan ini pun ramai dikomentari netizen. Tak sedikit yang mengatakan bahwa seharusnya si perempuan yang tidur di atas kursi. Tentu saja karena kursi lebih empuk dan nyaman dibanding lantai kabin.

Sementara itu, hal lain yang disorot adalah lantai kabin yang kotor. Ya, lantai kabin merupakan benda paling kotor yang ada di dalam pesawat. Bahkan awak kabin pun selalu menyarankan penumpang untuk selalu mengenakan alas kaki di pesawat.

"Awak kabin telah melihat apapun mulai dari muntahan, darah, hingga makanan jatuh di karpet (lantai kabin)," ujar kru kabin sebuah maskapai, Linda Ferguson, dikutip dari Express.co.uk. "Kami melihat orang orang berjalan dari kursi mereka ke kamar mandi tanpa alas kaki dan kami merasa ngeri karena lantai itu penuh dengan kuman," lanjutnya. Senada dengan Linda, kru kabin lain juga meminta penumpang untuk mengenakan alas kaki saat menuju toilet.

"Jangan pernah berjalan ke toilet dengan kaki telanjang. Toilet sangat kotor dan hanya dibersihkan saat akhir rute penerbangan," jelasnya. "Bayangkan betapa banyak kuman di toilet pada akhir penerbangan 12 jam dengan 200 orang lebih yang menggunakannya," lanjut kru kabin itu dalam situs Reddit. Sayangnya hingga artikel ini dirilis, belum ada informasi maskapai apa yang digunakan dua penumpang tersebut.

Mengingat lantai kabin yang penuh kuman, tidur di lantai kabin bukan solusi yang tepat meski sedang berada dalam penerbangan jarak jauh. Situs Skyscanner memberikan beberapa tips agar bisa tidur nyaman di pesawat. Tips tips berikut ini bisa traveler terapkan saat berada dalam penerbangan jarak jauh, di antaranya:

1. Pilih kursi secara hati hati 2. Jangan minum alkohol 3. Bawalah earphone

4. Bernapas dengan tenang 5. Jika memungkinkan, upgrade kelas penerbangan 6. Hindari minum kopi

7. Pilih pakaian yang longgar dan nyaman Melansir dari Bright Side, ada pula tips yang bisa dicoba supaya traveler lebih nyaman duduk di pesawat, antara lain: 1. Bawa bola tenis

Saat duduk letakkan bola tenis di bagian belakang punggungmu. Retasan kecil dari bola akan membantumu melepaskan otot dan mencegah nyeri punggung selama duduk di kursi penerbangan. Kamu akan mendapatkan pijatan punggung yang nyaman saat menyandarkannya tubuh ke kursi.

2. Cari ruang untuk kaki Carilah ruang yang nyaman untuk kakimu. Jangan menaruh barang di bawah kursi, yang akan membuat kaki sulit bergerak.

Sehingga, kaki tidak memiliki cukup ruang karena dipenuhi oleh barang bawaanmu. Penting untuk menjaga ruang kakimu untuk lebih bebas bergerak, untuk mencegah trombosit vena dalam. 3. Bawa kaus kaki

Beberapa pesawat biasanya akan menyalakan AC dengan kondisi yang cukup dingin. Agar tubuh mudah beradaptasi dengan perubahan suku, kamu bisa mengenakan pakaian lapis hingga kaus kaki. Saat duduk di kursi penerbangan, kamu bisa melepas alas kaki atau sepatumu dan selalu kenakan kaus kaki.

Kaus kaki akan menjaga kakimu tetap hangat dan mencegah pembengkakan. 4. Bikin nyaman posisi tidurmu Jika kamu berencana untuk tidur selama penerbangan, jangan lupakan masker matamu.

Atau jika diperlukan kamu bisa membawa penyumbat telinga, agar menjaga tidur tetap pulas. Pastikan juga kamu mengenakan sabuk pengaman di atas selimut atau lapisan pakaian luar. 5. Gunakan bantalan kursi

Kamu mungkin tahu betapa pentingnya memiliki bantal perjalananmu sendiri. Bantalan kursi akan menopang lehermu dan melindunginya dari cedera saat lepas landas atau turbulensi. Namun jika kamu memilih untuk terbang dengan kelas ekonomi, tidak ada salahnya untuk membawa bantalan kursi sendiri dari rumah.

6. Melakukan beberapa gerakan peregangan Untuk melindungi pembengkakan kaki, sakit punggung, kamu bisa mencoba serangkaian gerakan peregangan otot. Setidaknya peregangan ini bisa kamu lakukan setiap dua jam sekali selama penerbangan jarak jauh.

Gerakan peregangan bisa kamu lakukan pada jari tangan dan jari kaki, tulang belakang, hingga kaki.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment