Nasional

Polri Telah Hubungi Otoritas Singapura soal Keberadaan Honggo Wendratno yang Buron

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Komisi III DPR RI menggelar rapat bersama Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo membahas kasus dugaan korupsi penjualan kondensat oleh PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang juga melibatkan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Dalam rapat tersebut, Listyo mengatakan kepada Komisi III DPR, pihaknya terus mengejar buronan terdakwa kasus Kondensat Honggo Wendratno. Listyo menduga saat ini Honggo berada di Singapura.

"Dalam kesempatan ini kami laporkan juga beberapa upaya untuk menghadirkan HW ini sudah kami lakukan karena kami juga menduga bahwa yang bersangkutan sampai saat ini bersembunyi di Singapura," katanya di Ruang Rapat Komisi III DPR, Rabu (19/2/2020). Listyo menuturkan Bareskrim telah menghubungi otoritas Singapura untuk menanyakan perihal kepastian keberadaan Honggo. Namun, ia mengakui hal itu tidak mendapat respons positif.

"Upaya menghubungi pihak Singapura sudah kami lakukan. Namun di sana dijawab terkait dengan menghadirkan seseorang dalam status tersangka itu sulit untuk dilakukan," ujarnya. Dalam kasus ini, Mantan Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Raden Priyono, serta mantan Deputi Finansial Ekonomi dan Pemasaran BP Migas Djoko Harsono didakwa merugikan negara lebih dari USD 2,7 miliar atau sekitar Rp 35 Triliun. Keduanya telah disidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada Senin (17/2) lalu. Sementara Honggo Wendratmo, proses persidangannya masih berjalan hingga saat ini.

Namun, tersangka Honggo Wendratno sidang tanpa kehadiran atau in absentia.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment