Kesehatan

Psikolog Jelaskan Penyebab Banyak Artis Jadi Pemakai & Pecandu Narkoba

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Sederet artis dan publik figur sepanjang 2019 menghiasi pemberitaan nasional dalam kasus . Terakhir, aktor Ibra Azhariditangkap dalam sebuah pengembangan kasus peredaran . Ia ditangkap di rumahnya di kawasan Pejaten Timur, Jakarta Selatan.

Ketika seorang artis tertangkap, wajar jika menjadi pembicaraan publik. "Ya sebenarnya pengguna narkoba memang tidak hanya artis. Hanya memang artis kan lebih tersorot oleh media. Padahal pengguna bisa berasal dari pegawai biasa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga," ujar Aully dihubungi Warta Kota , Senin (30/12/2019). Aully menyebut, tren bukanlah hal baru.

Fenomena tersebut telah berlangsung sejak lama karena beberapa hal. "Kalangan artis memang lebih terpapar pada karena kemudahan akses, adanya uang, dan kebutuhan yang tinggi," ungkapnya. Dalam hal lain, artis dan publik figur kerap merasa sering mempunyai masalah pribadi baik sebagai risiko pekerjaan, tuntutan eksistensi, masalah keluarga maupun masalah masalah lain yang mengganggu kehidupannya.

"Penyebabnya yang pasti adalah kesulitan orang tersebut dalam memecahkan masalahnya. Jika permasalahan yang dihadapi bisa diselesaikan dengan baik, biasanya tidak ingin mencoba narkoba," Aully menambahkan. Tetapi, kondisi tersebut bisa lebih buruk ketika artis yang sedang tertimpa masalah atau jenuh dengan aktifitasnya itu berada pada lingkungan yang 'kurang sehat'. "Tetapi saat menghadapi masalah yang dirasa cukup besar, lalu ada dorongan dari lingkungan, baik teman teman, kalangan terdekat, untuk mencoba menggunakan maka dorongan menggunakan menjadi besar. Apalagi jika memang ada dana yang bisa digunakan untuk membeli ," ungkapnya.

Selain itu, Aully menambahkan, bisa juga hanya untuk mengikuti trend atau untuk menunjukkan status sosial di kalangan artis itu sendiri maupun di kalangan teman temannya. "Pada beberapa kalangan juga digunakan untuk tren berinteraksi sosial. Karena itu, untuk pakai kan perlu uang, sehingga yang bisa pakai dianggap ‘punya uang’," tandasnya. Pengusaha Medina Zein tidak pernah menyangka berurusan dengan hukumkarenapenyalahgunaan .

SaatLukman Azhari, suaminya, sedang menjalankan ibadah umrah,Medina Zeinditetapkan polisi sebagai tersangka kasus dugaan kepemilikan dan harus ditahan. Medina Zein ditahan setelah diduga mengkonsumsi jenis sabuusai menjalanites urin. Hasil tes urin dinyatakan positif mengandung amfetamin. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengungkapkan, pihaknya masih terus mendalami peran Medina Zein dalam kasus yang kembali menjerat Ibra Azhari.

"Sampai siang ini masih dilakukan pendalaman. Belum bisa disampaikan hasilnya,"kataYusri Yunus dihubungi Warta Kota , Senin (30/12/2019). Mencuatnya nama Medina Zein merupakan hasil pengembangan pemerikaaan terhadap Ibra Azhari yang merupakan kakak iparnya. Miliader muda itu semula hanya dipanggil sebagai saksi untuk kasus Ibra Azhari.

Polisi memeriksanya intensif dengan berbagai keterangan dan bukti dari ponsel. Polisi juga melakukan tes urin yang membuat Medina Zein tidak bisa mengelak bahwa ia mengkonsumsi . Ia kemudian dijadikan tersangka setelah polisi mendengarketerangan Ibra Azhari dan beberapa rekan Medina Zein.

"Setelah tes urin,MZ (Medina Zein) juga ternyata positif, yang bersangkutan pemakai (narkotika)," ujar Yusri Yunus. Sebelumnya, Medina Zein menjadi perhatian lantaran berseteru dengan pasangan selebritas Irwansyah dan Zaskia Sungkar terkait masalah bisnis. Penangkapan Ibra Azhari atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu dilakukan polisi, Minggu (22/12/2019).

Saat menggeledah rumah Ibra Azhari, polisi menemukan barang bukti , diantaranya plastik klip berisi serbuk coklat yang diduga jenis putau, plastik klip kecil berisi serbuk putihyang diduga sabu, cangklong, dan dua timbangan. Medina Zein menikah dengan Lukman Azhari pada 2017. Itu adalah pernikahan keduaMedina Zein setelah pernah menikah di usia 19 tahun. Medina Zein menggelar pernikahan mewah dengan Lukman Azhari di Hotel Fairmont, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat, 19 Agustus 2017.

Di usia 24 tahun, usaha Medina Zein mampu mencapai omzet Rp 4,5 miiliar per bulan. Ia juga sukses menyandang predikat sebagai miliader muda. Medina Zein juga senang mempercantik diri hingga kerap berganti ganti produk kecantikan.Berawal dari sana, Medina Zein memulai bisnis dengan membuka online shop . Saat itu Medina Zein baru lulus kuliah jurusan kebidanan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budi Luhur Bandung. Ia lalu mencoba serius bisnis.

Bermodal uang Rp 50 juta hasil dari online shop , Medina Zein membuka klinik di kawasan Ciwastra, Bandung. Klinik tersebut bernama Lazeta. Bisnis Medina Zein itu berkembang pesat. Dalam waktu tak lama, dia kebanjiran order .

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment