Techno

PUBG Mobile Lite vs Free Fire. Siapa Lebih Baik? Ini Komparasinya

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Melanjutkan kesuksesan dari game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile di Indonesia, Tencent kembali merilis game Battle Royale lainnya yakni PUBGM Lite. Diluncurkan dengan ukuran yang jauh lebih kecil, PUBGM Lite memanjakan para pecinta game Battle Royale agar dapat bermain dengan lancar meski menggunakan perangkat handphone dengan spesifikasi rendah. Game baru ini menerima antusiasme yang sangat besar dan dengan mudahnya cepat berkembang menjadi salah satu game populer di Indonesia.

Di balik kepopulerannya, ternyata ditemukan beberapa hal yang membuat PUBGM Lite tidak lebih baik daripada game Battle Royale lainnya, salah satunya Free Fire. Dengan size download hanya 491MB, PUBGM Lite memang lebih ringan sehingga terlihat lebih menarik karena dapat dimainkan dengan lancar meskipun di ponsel dengan spesifikasi rendah atau menengah ke bawah. Sedangkan Free Fire yang sudah lebih dahulu hadir memilki size download di bawahnya yaitu 424MB. Meskipun dengan size lebih kecil, game ini mampu tampil dengan grafis yang lebih berkualitas.

Dalam game PUBGM Lite, tidak ada efek pada air, rumput, rambut, pakaian maupun detail seperti lipatan baju pemain dan tekstur benda benda di dalam game, sedangkan efek ini ada di Free Fire. Padahal, efek dan detail tersebut penting ada di dalam sebuah game untuk membuat permainan terlihat lebih nyata dan menarik. Selain grafis yang diturunkan secara drastis, PUBGM Lite menghilangkan beberapa fitur penting, seperti clan, crew, personalisasi, dan jumlah peta.

Fitur clan dan crew di dalam grup biasa digunakan untuk bersosialisasi. Dengan fitur ini pemain akan lebih mudah menemukan teman bermain baru maupun teman tantangan baru. Ini tidak terjadi dalam Free Fire yang memiliki fitur guild, sehingga akan membantu gamenya sendiri membangun komunitas yang lebih besar. Fitur penting lainnya yang juga tidak ada dalam PUBGM Lite adalah fitur personalisasi. Kini pemain sudah tidak dapat lagi menemukan skin untuk senjata, kendaraan, parasut, emotes dalam game ini.

Di Free Fire pemain masih dapat menemukan berbagai variasi skin, kostumisasi fashion style dan skill karakter sehingga pemain tidak akan cepat bosan. PUBGM Lite menyuguhkan satu jenis peta (Erangel) dan dua mode (Casual dan War). Sementara itu, Free Fire menampilkan lebih banyak fitur yaitu dua jenis peta (Bermuda dan Purgatory) dan 5 mode (Classic, Ranked Game, Zombie Invasion, Death Uprising, dan Custom Game). PUBGM Lite memiliki Battle Pass yang dapat dimainkan hanya hingga level 30, dengan harga untuk unlock level sekitar 70 ribu rupiah, dan 170 ribu rupiah untuk membeli bundle.

Free Fire menghadirkan Elite Pass hingga level 45 yang memungkinkan pemain untuk menerima lebih banyak hadiah eksklusif. Soal harga, Elite Pass juga menawarkan harga yang jauh lebih murah yaitu Rp75.000, untuk unlock level, dan bundle dengan harga mulai dari Rp42.000, . Dengan tujuan memperkuat komunitas game, dua game sama sama gencar menggelar berbagai turnamen esports di tingkat nasional maupun internasional.

Berdasarkan data statistik Esports Charts April, 2019, turnamen esports Free Fire World Cup 2019 berhasil dinobatkan sebagai turnamen esports mobile dengan jumlah penonton terbanyak di dunia, yakni 1 juta penonton di waktu yang bersamaan (concurrent view). Di ajang turnamen internasional ini pun tim Free Fire perwakilan Indonesia berhasil merebut piala juara. Lain halnya dengan turnamen PUBG Mobile Star Challenge Final yang mampu mengumpulkan 824 ribu penonton di waktu yang bersamaan (concurrent view). Tim PUBG Mobile perwakilan Indonesia tidak ikut serta dalam pertandingan tersebut.

Dengan rendahnya popularitas PUBG Mobile dari sisi esports, tidak banyak yang dapat diharapkan dari esports PUBGM Lite saat ini maupun ke depannya. Youtuber Free Fire Cukk Gaming, ketika ditanyakan kesannya setelah mencoba PUBGM Lite mengungkapkan pengalamannya, “Kemarin sempet nyobain gamenya karena penasaran. Tapi setelah beberapa game, gue masih lebih suka Free Fire sih." "Menurut gue, Free Fire lebih oke grafisnya dibanding dengan PUBGM Lite yang punya ukuran lebih besar, namun ternyata tidak bisa memberikan grafis yang lebih baik yang manjain mata. Grafis itu sendiri penting buat gue, karena sangat mempengaruhi pengalaman bermain gue.”

Sementara itu youtuber PUBG EJ Gaming mengatakan, “Setelah mencoba kemarin, untuk PUBGM Lite dibanding PUBGM secara file memang jauh lebih ringan, untuk grafisnya disamaratakan semua jadi frameratenya hanya mentok di 30fps, untuk gadget low end sih sangat membantu, kalau untuk high end malah jadi gak seru." "Untuk fiturnya yang paling mencolok di aim assistnya, cukup membantu untuk player dengan gadget low end, tapi sangat mengganggu jika pemain ingin sampai tahap kompetitif.” Demikianlah fakta mengenai game mobile battle royale versi ringan ini.

Apakah kalian setuju bahwa PUBGM Lite tidak lebih unggul?

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment