Imunitas berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. Anak-anak termasuk usia yang rentan karena belum memiliki imunitas yang baik seperti orang dewasa. Oleh karena itu, anak perlu diberikan gizi yang cukup untuk mendukung imunitas. Berikut akan dibahas tentang makanan penambah imun anak.

6 Jenis Makanan Penambah Imunitas Anak

1. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang berguna untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Bakteri ini berperan sebagai probiotik dalam sistem pencernaan di usus. Walaupun baik untuk booster imun, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter perihal pemberian yogurt pada anak agar tak menimbulkan risiko, misalnya alergi susu dan produk olahannya.

2. Buah-buahan Mengandung Vitamin C

Vitamin C berperan dalam membangun sistem kekebalan imun. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti jambu merah, jeruk, stroberi, anggur, kiwi, dan tomat. Penuhilah kebutuhan vitamin C anak dengan memberikan buah-buahan bervitamin C sesuai kesukaannya setiap hari secara rutin.

3. Bawang Putih

Bagi beberapa orang mengkonsumsi bawang putih adalah kegiatan yang dibenci karena baunya yang tajam. Walaupun begitu ternyata bawang putih mengandung senyawa sulfur yang bagus untuk imunitas. Selalu masukkanlah bawang putih dalam masakan Anda setiap harinya. Anda juga bisa mengolah bawang putih menjadi kudapan enak lainnya seperti garlic bread.

4. Ikan Laut Berlemak

Tuna, salmon, dan sarden mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit. Omega-3 berperan aktif dalam menjaga imunitas tubuh. Tak lupa, selalu pilih ikan segar agar nutrisi yang didapatkan senantiasa terjaga.

5. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang memiliki kandungan kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, brokoli mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup untuk mendukung imun yang kuat. Brokoli yang baik adalah brokoli yang memiliki warna hijau tua dengan crop kepala yang masih terlihat segar.

6. Bayam

Bayam menjadi sayuran yang familiar untuk diolah dan disukai banyak orang. Sayuran bayam mengandung nutrisi berupa beta karoten, antioksidan, dan vitamin C. Ketiga zat ini penting untuk booster tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

Mengolah makanan penambah imun anak terbaik yaitu dengan cara memasak dalam waktu yang cukup dengan cara sederhana, misalnya saja dengan merebus dan mengukus. Sebagai orang tua cerdas, Anda harus memastikan bahwa makanan anak tak hanya enak dan lengkap, tapi juga harus bergizi. Makanan yang tepat akan sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.