Seleb

Saya Kepenginnya Inggris Dulu Ruben Onsu Belum Ingin Ajarkan Bahasa Mandarin pada Betrand Peto

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Presenter yang juga seorang pengusaha, Ruben Onsu menuturkanbelum akan mengajarkan bahasa Mandarin pada Betrand Peto. Hal tersebut disampaikan oleh Ruben saat ditemui di daerah Tendean, Jakarta Selatan, yang videonya diunggah di kanal YouTube STARPRO Indonesia, pada Selasa (21/1/2020). Ruben mengatakan, bahasa Mandarin dalam keluarganya digunakan tidak hanya ketikaperayaan Imlek saja.

Memang di rumah Ruben, Thalia sering memutarkan dan bernyanyi lagu Mandarin. Hingga kini Rubenbelum ada keinginan agar Betrand juga dapat berbahasa Mandarin seperti anak ke duanya. Ruben saat ini masih menginginkan Betrand untuk fokus pada penguasaan bahasa Inggris terlebih dahulu.

"Kalau Mandarin mah bukan Imlek doang, di rumah gue mah lagunya udah Mandarin si Thalia," terang Ruben. "Kalau saya Betrand untuk lagu Mandarin saya rasa belum dulu." "Saya kepengennya Inggris dulu baru Mandarin," imbuhnya.

Meski demikian, Ruben menuturkan Betrand sering mempelajari lagu lagu yang berbahasa Mandarin. Hal tersebut dikarenakan Sarwendah dan Thalia menggunakan bahasa Mandarin dalam berkomunikasi. Tak hanya itu, sebagian besar keluarga Ruben juga memakai bahasa tersebut.

Ruben mengatakan Betrand selalu merasa ingin tahun karena sudah sering terbiasa untuk mendengar kata kata menggunakan bahasa Mandarin. Diceritakan, ketika Wenda memberi tahu Thalia menggunakan bahasa Mandarin, Betrand kemudian menanyakan arti dari perkataan sang bunda itu. "Tapi lagu Mandarin itu Betrand pelajari ya karena Wenda dan Thalia komunikasinya itu Mandarin, dari nenek neneknya juga Mandarin," tutur Ruben.

"Karena terbiasa dengar, jadi dia kaya selalu pengen tahu." "Setiap kata Wenda saat ngasih tahu Thalia, dia pasti tanya artinya," tambahnya. Imlek kali ini merupakan perayaan pertama kali bagi Betrand bersama dengan keluarga Ruben.

Betrand yang pertama kali merayakan Imlek bersama Ruben merasa ingin tahu soal tradisi di keluarga ayahnya itu. Dalam perayaan Imlek kali ini, Ruben telah akan memberi nama Tionghoa untuk Betrand. Dua anak perempuan Ruben, Thalia dan Thania sendiri telah memiliki nama Tionghoa.

Meski demikian, Ruben hingga saat ini enggan untuk memberi tahu terlebih dahulu nama yang akan diberikan untuk Betrand. "Persiapan Imlek ini yang excited itu anak saya yang pertama, karena dia masih pengen tahu perayaan Imlek di keluarga ayah itu kaya apa," tutur Ruben. "Sampai akhirnya karena dia sudah makin tahu tentang kami semua, Thalia dan Thania punya nama Chinese akhirnya saya memberikan nama Chinese juga untuk Betrand."

"Ada pokoknya, nanti dikasih tahu," imbuhnya. Ruben menjelaskan tidak memberikan usulan nama Tionghoa untuk Betrand. Pasalnya nama tersebut nantinya merupakan hasil dari perhitungan dari waktu lahir Betrand.

Seperti tanggal, hari, dan jam Betrand saat dilahirkan. Ruben menuturkan telah mengetahui data untuk memberikan nama Tionghoa untuk anak pertamanya itu. Selain itu, Ruben mengatakan nantinya dalam nama Tionghoa Betrand, terdapat nama keluarga.

Meski nantinya memiliki nama Tionghoa, Ruben menyampaikan hanya sebagai simbol keluarga saja. Sehingga nama Tionghoa Betrand nantinya tidak akan digunakan dalam sehari hari. "Namanya Betrand itu sesuai dengan hitungan tanggal lahir, hari, dan jamnya," ungkap Ruben.

"Jadi saya sudah tahu hari lahir, jam, itu dihitung." "Ada marga, tapi itukan nama hanya simbol untuk Chinese aja yang tidak digunakan," tambahnya. Dalam merayakan hari Imlek kali ini, Ruben menuturkan hanya akan mengadakan acara makan bersama dengan sanak saudaranya.

Makan bersama akan dilakukan di malam hari sebelum perayaan Imlek. Serta di hari ketika Imlek berlangsung. Ruben menuturkan hal tersebut dilakukan karena orangtua Wenda masih harus beribadah terlebih dahulu.

"Nggak ada gue mah, cuma makan makan aja," ucap Ruben. "Diner mah pasti, ada di malemnya dan hari H nya." "Karena papi maminya Wenda kan sembahyang dulu untuk perayaan," lanjutnya.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment