Travel

Terima Kasih Pak Nelayan Viral Video Nelayan Bantu Lepaskan Hiu Terikat Susi Pudjiastuti

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Sebuah video tentang seekor hiu paus yang terlilit tali dan diselamatkan oleh nelayan viral di media sosial. Ketika ditelusuri, salah satu akun yang paling awal mengunggah video tersebut adalah akun Persatuan Haiwan Malaysia – Malaysia Animal Association. Narasi dalam postingan tersebut berbunyi:

“Difahamkan kejadian ikan menghampiri kapal meminta tolong melepaskannya daripada kesengsaraan berlaku di Bintulu Sarawak. Animal Malaysia mengucapkan tahniah kepada kumpulan penyelamat ini. #ikan #jabatanperikananmalaysia #saveouranimals #animals #fish #animalmalaysia #malaysiaanimals #malaysiaanimalassociation " Video yang diunggah pada Minggu (1/12/2019) sampai dengan hari ini telah direspons oleh 17 ribu orang dan dibagikan lebih dari 4 ribu kali. Video tersebut bahkan dibagikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014 2019, Susi Pudjiastuti melalui akun Twitternya.

Susi mengatakan bahwa kejadian tersebut merupakan kerjasama kemanusiaan yang luar biasa indah antara 2 makhluk ciptaan Tuhan. Susi juga mengucapkan terima kasih kepada bapak nelayan, dan menyebut mereka pahlawan kemanusiaan. "Terimakasih Bapak2 Nelayan. Anda pahlawan kemanusiaan." tulis @susipudjiastuti.

Sekelompoknelayandi Malaysia mengalami pertemuan yang cukup ajaib dengan makhluk laut langka,hiu paus. Dalam video Facebook yang diposting oleh Malaysia Animal Association (1/12/2019),hiu pausitu terlihat di perairan Bintulu, Sarawak. Dalam postingan tersebut menyatakan bahwahiu paustelah berenang mendekati perahu dan berada di sisi perahu untuk beberapa saat.

Hewan itu seolah olah menarik perhatian nelayan untuk melihat apa yang ia inginkan. Alasan mengapa mereka mendekati perahu semakin jelas ketika para nelayan menyadari bahwa hewan itu memiliki tali tebal yang tersampir di sekitar bagian tengah tubuhnya. Dalam kasus yang jelas ini merupakan akibat dari pencemaran laut.

Dalam video tersebut, para nelayan lalu mengaitkan tali dengan alat yang panjang untuk memandu hiu paus lebih dekat ke sisi kapal. Dari sana, seorang lelaki lain meraih tali lalu memotongnya dengan pisau dan dengan cepat memutar talinya, sebelum menariknya keluar dari air. Setelah mencapai kebebasan, hiu paus dengan senang berenang pergi.

Para nelayan bersorak mengatakan sampai jumpa. Hiu paus itu meronta ronta ekornya dengan antusias, dan bahkan membalik ke samping untuk menempelkan sirip di atas air. "Wa, happy ah, happy!" seru beberapa nelayan melihat ikan itu.

Meskipun hiu paus cukup langka, raksasa bawah laut ini telah terlihat sebelumnya. Penyelam didekati oleh dua hiu paus remaja di dekat Pulau Lankayan, Sandakan, Malaysia pada bulan Agustus tahun ini. Melansir dari The Borneo Post hiu paus yang terjerat tali tersebut diselamatkan oleh tujuh nelayan di laut dekat Santubong, Malaysia.

Perekam video, Zaidi Suhaili, mengaku terkejut dengan respons warganet yang ramai membicarakan unggahan tersebut. “Saya tidak pernah berpikir bahwa video akan menjadi viral. Namun, kami semua merasa puas bisa menyelamatkan hiu paus karena dianggap sebagai spesies yang terancam punah, ” ujarnya. Zaidi menuturkan, kejadian bermula ketika para pemancing yang sudah tiga hari berada di laut tiba tiba dikejutkan oleh kehadiran hiu tersebut. Hiu paus itu berenang mendekat kapal sekitar pukul 11 pagi.

"Ketika hiu mendekati kapal kami dan tampaknya tidak ingin pergi, seolah olah meminta bantuan," ujar dia. Para nelayan yang kemudian menyadari si hiu paus terlilit tali tebal kemudian berinisiatif untuk melepaskannya dari jeratan tersebut. Mereka menggunakan tongkat dengan kail di ujungnya guna menahan tali, sementara seorang pemancing lain memotong tali dengan golok.

Usai tali terputus si hiu paus lantas mengibaskan ekornya seolah berterima kasih. Hiu paus tersebut kemudian berenang menjauh dari kapal. Zaidi mengatakan bahwa ini adalah ketiga kalinya dia bertemu hiu paus. Namun ia menyebut momen menyelamatkan hewan ini adalah pertama kalinya.

Beberapa pengguna menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para pemancing melalui postingan Facebook Persatuan Haiwan Malaysia – Malaysia Animal Association. “Alhamdulillah terima kasih saudara. Walaupun ikan tu mustahil akan membalas jasa anda. Tapi percayalah.. Rezeki Allah hadir tanpa diduga..” ujar akun Hairul Jaa. “Alhamdulillah.. Dia libaskan ekornya tanda terima kasih. Semoga para penyelamat ikan tu, selalu berada dalam lindunganNya.. Amin” tulis Lia Muin.

Menurut New Straits Times, ada tujuh penampakan yang dilaporkan tentang hewan hewan megah ini tahun ini. Di Malaysia, hiu paus terdaftar sebagai hewan yang terancam punah di bawah Peraturan Perikanan (Kontrol Spesies Ikan Langka) tahun 1999. Hiu ini dapat tumbuh hingga ukuran yang cukup besar dengan hiu paus dewasa dengan rata rata sekitar 10 m panjangnya.

Manusia yang berenang atau menyelam tidak perlu takut dengan makhluk besar ini. Karena mereka hanya memakan plankton dengan menyaring air melalui mulut mereka dan dikenal sangat jinak. Selain dari perburuan dan polusi laut, hiu paus terancam oleh perubahan iklim, di mana suhu pemanasan berpotensi mengubah populasi plankton yang merupakan sumber makanan mereka.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment