Pendidikan

TVRI 12 Mei 2020 KUNCI JAWABAN Matematika SMA/SMK Transformasi Geometri Translasi & Refleksi

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Berikut kunci jawaban untuk materi Matematika Transformasi Geometri Translasi dan Refleksiuntuk SMA/SMK Sederajat. Program belajar tersebut ditayangkan di TVRI bertajuk 'Belajar dari Rumah', Selasa 12Mei 2020. Pertanyaan dan kunci jawaban untuk siswa SMA/SMK sederajat dengan materi Matematika Transformasi Geometri Translasi dan Refleksi:

Akhir video 3 Tentukan bayangan segitiga ABC dengan koordinat titik titik A(2,3), B (8,3) dan C (8, 2) jika ditranslasikan oleh vektor translasi: Perhatikan hasil bayangan segitiga yang kalian peroleh:

A. Bagaimana bentuk segitiga bayangan tersebut jika dibandingkan dengan segitiga ABC? B. Apakah luas kedua segitiga tersebut sama? Jelaskan dengan perhitungan matematika! Titik A (2,3)

Titik B (8,3) Titik C (8, 2) Kemudian semua titik ditranslasikan

Titik A = (2+2) (3 3) A' (4,0) Titik B = (8+2) (3 3) B' (10,0) Titik C = (8+2) ( 2 3) C' (10, 5)

A. Bentuk dan ukuran bayangan segitiga sama persis dengan titik segitiga semula. B. Luas kedua segitiga tersebut sama besar karena panjang sisi sisinya juga sama besar. Perhitungan matematikanya:

Luas segitiga = luas bayangannya yaitu L = 1/2.a.t Akhir video 4 Budi menggambar bangun jajargenjang dengan koordinat titik titik A(2,3), B(1,1), C(5,1), D(6,3). Kemudian ia refleksikan bangun tersebut terhadap sumbu Y dan dilanjutkan terhadap sumbu X.

A. Apakah bayangan jajargenjang hasil refleksi akan membentuk bangun yang berbeda? Jelaskan jawabanmu! B. Apakah ukuran bayangan jajargenjang hasil refleksi lebih besar dibandingkan dengan bangun jajargenjang mula mula? Jelaskan jawabanmu! C. Budi menyatakan bahwa ketika dilakukan refleksi terhadap suatu bangun, maka pada bayangannya, semua posisi titik sudut bangun tersebut akan berubah. Apakah kalian setuju dengan pernyataan Budi tersebut? Jelaskan jawabanmu!

Titik A = (2,3) TitikB = (1,1) Titik C =(5,1)

Titik D =(6,3) Direfleksikan terhadap sumbu x A(2,3) menjadi A' ( 2, 3)

B( 1,1) menjadi B' ( 1, 1) C( 5,1) menjadi C' ( 5, 1) D( 6,3) menjadi D' ( 6, 3)

A. Bentuk bayangan jajar genjang sama seperti bangun aslinya karena refleksi cuma mengubah posisi titik titik bangun, bukan mengubah bentuk bangun. B. Ukuran bayangan jajar genjang tetap sama dengan bangun jajar genjang semula karena refleksi tidak mengubah ukuran bangun. C. Benar apa yang dikatakan oleh Budi karena refleksi adalah mencerminkan setiap titik bangun geometri terhadap sebuah garis tertentu dan otomatis titik titik bangun tersebut akan berubah posisi.

Berikut jadwal tayang program Belajar dari Rumah yang akan disiarkan stasiun TVRI pada Selasa, 12 Mei 2020. Materi Belajar dari Rumah diperuntukkan bagi semua jenjang pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA sederajat. Untuk jenjang SD Kelas1 3sederajat, yang disiarkan pada pukul 08.30 09.00 WIB terdapat materiKhan Academy: Penjumlahan, Perkalian, Pembagian.

Dilanjutkan, jenjang SMP sederajat yang belajar mengenai Kain Batik. Setelah pembelajaran, peserta Belajar dari Rumah akan diberikan pertanyaan untuk dikerjakan. Lalu, apa saja materi dan jadwal Belajar dari Rumah TVRI? Berikut jadwal Belajar dari Rumah TVRI, Selasa 12 Mei 2020, dilansir dari : (untuk siswa siswi PAUD dan sederajat)

Jalan Sesama: Alat Hebat (untuk siswa siswi SD Kelas 1 3 dan sederajat) Khan Academy: Penjumlahan, Perkalian, Pembagian

(untuk siswa siswi SD Kelas 4 6 dan sederajat) Sains: Bunyi dan Cahaya (untuk siswa siswi SMP dan sederajat)

Mantul Matematika Manfaat Betul: Volume dan Luas Bangun Ruang Sisi Datar (untuk siswa siswi SMA/SMK dan sederajat) Matematika: Transformasi Geometri Translasi dan Refleksi

(untuk orang tua dan guru) Keluarga Indonesia: Pentingnya Nutrisi untuk Perkembangan Anak Film: Sarmin

Program TVRI Belajar dari Rumah terus ditayangkan, lantaran sebagai upaya pemerintah untuk membantu para pelajar terus mengasah edukasi mereka di tengah pandemi virus corona (Covid 19). Seperti diketahui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menghadirkan Program "Belajar dari Rumah" yang disiarkan melaluiTVRI. Program tersebut setidaknya diluncurkan untuk menjadi sarana belajar di tengah pandemi virus corona (covid 19).

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan program tersebut telah berjalan sejak 13 April 2020, dan rencananya akan berjalan hingga 3 bulan ke depan, yakni Juli 2020.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment