Lifestyle

Wajib Dicoba Terutama Bagi Kamu yang Belum Gajian! Tips Hemat di Tanggal Tua ala Mahasiswa

Avatar
Written by Fatika Mutiara

Tanggal tua telah tiba tapi kamu belum gajian? Jangan sedih, kamu bisa menyimak tips hemat ala mahasiswa ini lho agar tetap punya uang yang cukup di tanggal tua! Ini adalah saat saat dimana sebagian besar orang mulai bingung untuk mengais ngais recehan di dompetnya.

Bagi kamu yang merasa kesulitan untuk mengelola keuangan hingga selalu kelimpungan di tanggal tua, sepertinya wajib mencoba tips ini! Inilah tips hemat ala mahasiswa agar kondisi keuanganmu tetap stabil walau di tanggal tua sekalipun. Catatlah setiap kebutuhan yang harus dipenuhi.

Alokasikan dana untuk bayar sewa kos, makan sehari hari, kebutuhan lain lain seperti sabun mandi, sabun cuci dan sebagainya. Untuk urusan cuci baju, jangan biasakan ke laundry ya, mencuci baju sendiri akan sangat menghemat uang. Jika di kos ada fasilitas dapur, manfaatkan sebaik baiknya.

Cobalah untuk mengajak teman patungan membeli bahan bahan makanan sederhana yang bisa kalian masak di kos. Jangan kebanyakan jajan di luar karena lapar mata. Penuhi kebutuhan pokokmu dengan berbelanja di pasar atau warung dekat kos.

Jangan dibiasakan untuk membeli satu batang sabun mandi saja, kamu pergi ke supermarket, belilah di warung warung sekitar kosmu, harganya jauh lebih murah. Kamu juga bisa mencari tahu toko yang menjual barang barang dengan harga yang murahnya sama seperti harga di pasar. Manfaatkan juga situs online yang menyediakan informasi berbagai diskon.

Jangan malas untuk membandingkan harga harga dari satu toko ke toko lainnya. Carilah harga termurah dari barang yang sama. Di setiap kantor pasti menyediakan wifi gratis untukkaryawannya.

Jika uangmu pas pasan untuk membeli paket internet, gunakan fasilitas wifi gratis ini dengan sebaik baiknya. Kamu tetap bisa membeli paket internet yang murah untuk digunakan di luar kantor. Jika kamu punya hobi mendengarkan musik atau menonton film, jangan lupa untuk mendownload lagu lagu dan film film kesukaanmu di kantor ya!

Itu akan jauh lebih hemat dibandingkan harus mengeluarkan uang untuk pergi ke bioskop atau membeli paket internet streaming lagu. Kini banyak cara untuk menambah penghasilan termasuk jualan produk produk tertentu. Cobalah untuk mencari pekerjaan yang tidak bentrok dengan jadwal kerjamu.

Kamu juga bisa mencoba menjadi dropshipper dengan menjual barang barang secara online . Keuntungan dari sistem droship ini kamu tidak harus mengeluarkan dana untuk modal berjualan. Kamu hanya perlu mempromosikan barang barang dari toko online yang sudah ada dan akan mendapat keuntungan dari penjualan tersebut.

Memiliki tabungan sangat bermanfaat untuk masa mendatang. Tidak perlu menyisihkan uang dengan jumlah banyak. Menabung dalam jumlah yang kecil pun akan menjadi besar jika dikumpulkan terus menerus. Uang tabungan ini bisa bermanfaat di masa mendatang jika ada keperluan mendadak dan dijadikan modal usaha kecil kecilan.

Hidup hemat tidaklah sulit jika kamu memiliki tekad yang kuat. Jadilah orang yang cerdik dalam menyiasati keuangan dan jangan menghambur hamburkan uang untuk memenuhi gaya hidup yang tidak perlu.

About the author

Avatar

Fatika Mutiara

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, setelah beberapa lama, tanpa anda pernah merasakannya, anda akan mulai untuk pamer. Setelah itu, anda tidak akan pernah dipandang baik lagi.

Leave a Comment