Google formulir atau Google Form adalah alat yang memungkinkan untuk mengumpulkan informasi secara online dari pengguna melalui survei atau kuis yang dipersonalisasi. Nantinya, informasi yang Anda dapat akan dikumpulkan secara otomatis ke spreadsheet. Pengguna dapat menggunakan Google Formulir untuk membuat survei dan kuis online, lalu mengirimkannya kepada orang lain.

Cara Membuat Google Form di HP Android, iOS, dan komputer tergolong mudah. Pastikan Anda telah memiliki akun Google dan kemudian mengakses link forms.google.com melalui aplikasi browser pada perangkat. Di ponsel atau tablet Android, buka browser web seluler, seperti Chrome.

Buka forms.google.com Formulir baru akan terbuka secara otomatis. Anda dapat menambahkan, mengedit, atau memformat teks, gambar, atau video dalam sebuah formulir.

Jika sudah siap, Anda dapat mengirim formulir kepada orang lain dan mengumpulkan respons mereka. Di iPhone atau iPad, buka browser web seluler, seperti Safari. Buka forms.google.com.

Formulir baru akan terbuka secara otomatis. Anda dapat menambahkan, mengedit, atau memformat teks, gambar, atau video dalam sebuah formulir. Jika sudah siap, Anda dapat mengirim formulir kepada orang lain dan mengumpulkan respons mereka.

Buka forms.google.com. Klik 'Bank' Formulir baru akan terbuka

Saat Anda membuat Google Formulir, ini akan tersimpan di Google Drive. Untuk membuat formulir langsung dari Google Drive: Di komputer, buka drive.google.com

Di kiri atas, klik Baru. Klik Lainnya, lalu pilih Google Formulir. Anda dapat menambahkan, mengedit, atau memformat teks, gambar, atau video dalam sebuah formulir.

Jika sudah siap, Anda dapat mengirim formulir kepada orang lain dan mengumpulkan respons mereka. Berikut cara mengedit formulir, membuat kuis dengan Google Formulir, dan memilih lokasi penyimpanan tanggapan formulir. Setelah membuat formulir, Anda dapat menambahkan dan mengedit hingga 300 konten, termasuk pertanyaan, deskripsi, gambar, dan video.

Untuk mengatur formulir menurut topik, Anda dapat menambahkan hingga 75 bagian. Cara menambahkan pertanyaan: Di Google Formulir, buka formulir.

Klik Tambahkan. Di sebelah kanan judul pertanyaan, pilih jenis pertanyaan yang Anda inginkan. Ketik respons yang Anda inginkan untuk pertanyaan Anda.

Untuk mencegah orang agar tidak menjawab, aktifkan 'Wajib'. Anda juga dapat menambahkan gambar atau video ke pertanyaan atau jawaban. Anda dapat menghapus pertanyaan, gambar, atau bagian dengan cara:

Klik pertanyaan atau gambar. Klik icon 'Hapus', gambar tempat sampah. Menghapus bagian dengan cara klik header bagian.

Klik lainnya, icon titik tiga tersusun vertikal. Pilih Hapus bagian. Anda dapat membuat, mengirim, dan menilai kuis dengan Google Formulir dengan cara:

Di Google Formulir, klik ikon Plus. Di bagian kanan atas, klik Setelan, ikon gerigi. Klik Kuis lalu Jadikan ini sebagai kuis.

Opsional: Untuk mengumpulkan alamat email, klik Umum lalu Kumpulkan alamat email. Klik Simpan. Anda dapat membuat kunci jawaban pada jenis pertanyaan tertentu seperti jawaban singkat, pilihan ganda, kotak centang, dropdown, petak pilihan ganda, dan petak kotak centang.

Saat mengirim formulir, Anda dapat mengumpulkan tanggapan di dalam formulir atau secara terpisah di Google Spreadsheet. Cara memilih tempat untuk menyimpan tanggapan: Buka formulir di Google Formulir.

Di kiri atas, di bagian “Tanggapan”, klik Ringkasan. Di kanan atas, klik Lainnya (icon titik tiga vertikal) lalu Pilih tujuan tanggapan. Pilih salah satu opsi:

Buat spreadsheet baru: Membuat spreadsheet untuk tanggapan di Google Spreadsheet Pilih spreadsheet yang ada: Memilih dari spreadsheet yang ada di Google Spreadsheet untuk menyimpan tanggapan Klik Buat atau Pilih.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.