Badan gatal gatal bentol tanpa sebab pada tubuh paling sering merupakan gejala alergi. Kondisi medis lain seperti efek samping obat, gangguan saraf, gangguan mental dan penyakit sistemik juga dapat menjadi alasan, terlepas dari apakah disertai ruam atau tidak. Berikut ini hal yang mungkin merupakan penyebabnya.

1.   Serangga

Badan gatal yang Anda rasakan tanpa sebab bisa saja dikarenakan gigitan serangga. Banyak orang sering tidak menyadari hal ini karena serangga berukuran kecil dan seringkali tidak terlihat. Salah satu serangga paling umum yang menggigit manusia adalah nyamuk. Saat digigit nyamuk, muncul bentol merah di permukaan kulit disertai rasa gatal.

2.   Eksim

Eksim sebenarnya lebih sering terjadi pada anak-anak. Namun orang dewasa dan remaja juga bisa terkena eksim. Eksim bisa menjadi penyebab gatal yang tidak wajar pada tubuh jika Anda baru terjangkit pertama kali.

3.   Alergi

Anda mungkin memiliki alergi terhadap udara, cuaca, produk perawatan kulit atau kosmetik, makanan. Akan tetapi, Anda tidak mengetahuinya. Gatal bentol pada tubuh akibat alergi biasanya disertai bentol berwarna merah atau bercak kemerahan. Pembengkakan juga bisa terjadi di beberapa bagian tubuh.

4.   Masalah Psikologis

Penyakit mental seperti stres bisa membuat tubuh terasa gatal. Saat kondisi ini terjadi, Anda mungkin merasakan gatal tanpa sebab karena gatal yang terjadi secara fisik tidak disertai dengan gejala. Namun gatal tersebut dapat disertai bentol di area kulit.

5.   Tiroid

Penyakit tiroid menyebabkan gatal di tubuh tanpa sebab. Penyakit tiroid disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tiroid dalam tubuh. Tingkat hormon tiroid yang rendah atau tinggi menyebabkan kondisi ini terjadi. Salah satu gejala umum pada penderita hipotiroid adalah rasa gatal di kulit.

6.   Gangguan Saraf

Gatal akibat gangguan saraf biasanya hanya terjadi pada satu area kulit saja. Gatal ini sering dianggap gatal pada tubuh terjadi tanpa sebab. Gangguan saraf sendiri bisa diakibatkan oleh cedera atau penyakit tertentu.

Untuk mengobati badan gatal gatal bentol tanpa sebab, Anda bisa mengoleskan lotion atau pelembap. Jika gejala semakin parah dan tidak teratasi, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter mungkin akan menyarankan obat oles atau resep lain yang bisa mengobati keluhan Anda.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *