Perbedaan deposito dan tabungan sebenarnya cukup signifikan, namun seringkali dipandang sama oleh beberapa masyarakat. Investasi ini tergolong memiliki tingkat risiko cukup rendah sehingga sangat cocok untuk para pemula guna menghindari kerugian besar.

Beberapa Perbedaan Deposito dan Tabungan

Tampilan deposito dan tabungan yang hampir sama menjadi salah satu alasan mengapa sebagian masyarakat bingung membedakannya. Jika ingin masuk dalam bidang ini, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu pengetahuan dasarnya. perhatikan penjelasan singkat berikut ini:

  1. Suku Bunga dan Biaya administrasi

Biaya administrasi menjadi letak perbedaannya, yakni dikenakan pada setiap bulannya masing-masing bank memiliki kebijakannya tersendiri. Sedangkan untuk bunga dapat mencapai sampai berkisar pada angka 4 – 7% setiap tahun nya.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari kegiatan ini melalui penjualan ketika saham naik. Meski terlihat simpel namun tetap memerlukan trik khusus supaya tidak sampai menanggung kerugian besar. Hal ini karena sudah banyak pesaing apalagi para senior dalam bidang investasi.

  1. Bilyet dan Buku Tabungan

Ketika Anda membuka tabungan, maka bisa mendapatkan kelengkapannya berupa buku untuk mendapat pemasukan maupun pengeluaran. Uang yang terdapat di dalamnya bisa digunakan dengan berbagai keperluan transaksi mulai dari pembelian barang secara online.

Sedangkan untuk membuka deposito, pelanggan bisa mendapatkan tanda bukti kepemilikan. Bentuknya adalah selembar kertas atau biasa disebut dengan bilyet. Terdapat berbagai informasi di dalamnya berupa tanggal jatuh tempo, nominal uang, dan nama pemilik.

  1. Tempat Mengambil Uang

Meski antara keduanya sama-sama produk dari bank, namun sebenarnya cara pengambilan uangnya berbeda. Jika tabungan bisa melakukan tarik tunai dimana saja, berbeda dengan deposito yang harus di lokasi pendaftaran. Saat berada di luar kota sebaiknya lakukan transaksi sebelum atau sesudah.

Kemudahan pengambilannya, membuat tabungan banyak dipilih. Bahkan saat ini bukan hanya bisa tarik tunai di mesin ATM saja bahkan juga pada beberapa swalayan serta counter yang sudah berkolaborasi secara resmi.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan deposito dan tabungan yang bisa Anda ketahui untuk menambah pengetahuan. Sebelum menentukan antara keduanya, sebaiknya lakukan survey mana produk paling dibutuhkan baik jangka panjang atau pendek.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.