– Beberapa kecamatan di Aceh Timur diterjang banjir setelah dilanda hujan deras dua hari berturut turut sejak Jumat (1/1/2020) lalu. Kepala BPBD Aceh Timur, Ashadi mengatakan, ada 6 kecamatan yang banjir, yaitu Kecamatan Birem Bayeun, Ranto Peureulak, Peudawa, Idi Timur, Indra Makmu, dan Idi Tunong. Ketinggian air sekitar 20 sampai 50 sentimeter.

Dari 6 kecamatan itu, yang ada pengungsian di Kecamatan Birem Bayeun. Di Kecamatan Birem Bayeun, katanya, ada empat desa yang terendam banjir yakni, Alue Nyamuk, Alue Seutang, Paya Bili Satu, dan Alue Gadeng Dua. Dari empat desa itu, jelas Ahadi, ada ratusan rumah yang terendam, sehingga ratusan kepala keluarga mengungsi.

Sedikitnya, di Kecamatan Birem Bayeun, sudah ada 6 titik pengungsian dan masing masing sudah mendirikan dapur umum. Parahnya banjir di Kecamatan Birem Bayeun ini, akibat meluapnya Sungai Bayeun. "Kita juga sudah berkoodinasi dengan Dinsos dan sudah mendistribusikan bantuan logistik. Selain itu, kita juga standbye kan dua unit rubber boat di lokasi jika ada warga yang perlu dievakuasi," ungkap Ashadi.

Di kecamatan lain, jelas Ashadi, ada juga rumah yang terendam banjir, tapi tidak ada warga yang mengungsi, karena banjir dengan cepat surut. "Secara umum banjir hingga Sabtu sore ini sudah surut. Jika tak lagi hujan, Insya Allah banjir sudah surut, dan pengungsi juga bisa kembali ke rumah masing masing," ungkap Ashadi.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.