Belum lama ini, odading Mang Oleh mendadak viral di media sosial setelah dipromosikan seorang selebgram bernama Ade Londok. Dalam video viral tersebut, Ade mempromosikan odading Mang Oleh dengan Bahasa Sunda dan nada nge gas. Sambil makan odading, Ade mengatakan odading Mang Oleh membuatnya seperti Iron Man, tokoh superhero dalam film The Avengers.

"Odading Mang Oleh. Mmmm rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah odading Mang Oleh didieu, karena lamun teu ngadahar Odading Mang Oleh, maneh teu gaul jeung aing. Lain balad aing," kata Ade dalam video itu. Tak sampai di situ, dalam video tersebut Ade juga menyebutkan sebuah pantun "ikan hiu makan tomat" yang tidak jelas artinya. Lalu, apa itu odading?

Bagi masyarakat di luar Bandung, nama odading memang terdengar asing di telinga. Konon, nama odading berasal dari Bahasa Belanda 'o, dat ding' yang artinya 'oh, yang itu'. Odading merupakan kudapan yang berasal dari Sunda berupa roti manis berbahan dasar tepung terigu.

Selain tepung terigu, odading juga dibuat dengan beragam bahan, seperti gula, mentega, telur, dan soda kue. Masyarakat Sunda biasanya menjadikan odading sebagai kudapan yang dikonsumsi bersama teh atau kopi. Odading sebenarnya dapat ditemukan di daerah lain, namun berbeda penyebutan.

Seperti di Jawa Tengah, odading disebut bolang baling atau gembukan . Sementara di Jakarta, kue nan manis ini dikenal sebagai kue bantal atau roti goreng. Sejak video Ade Londok viral di medsos, odading Mang Oleh yang berlokasi di Jalan Baranangsiang, Bandung, Jawa Barat itu ramai dikunjungi pembeli.

Mang Oleh mengaku, sebelum viral, ia hanya menyiapkan 30 40 kg adonan odading dan cakueh. Setelah viral, setiap hari Mang Oleh harus menyiapkan adonan sebanyak satu kuintal. Awalnya, Mang Oleh merasa kurang enak dengan kata kata kasar yang diucapkan Ade.

Namun sejak odadingnya viral, Mang Oleh justru berterimakasih pada Ade. "Alhamdulillah ternyata jadi viral, jadi enakin bapak malah sekarang. Nggak masalahlah sama Kang Ade. Justru saya mengucapkan terima kasih sama Kang Ade," tuturnya. Tak lama setelah video Ade Londok viral, Guberbur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi warung kue odading Mang Oleh.

Kedatangan pria yang akrab disapa Emil itu disambut oleh Ade dan warga sekitar. Bukan tanpa alasan Emil mengunjungi warung kue yang juga menjual cakueh tersebut. Dalam kesempatan itu, Emil memberikan sebuah hadiah berupa ponsel untukAde.

"Saya sedang berada di Jalan Baranangsiang Bandung bersama S3 Marketing Indonesia Mang Ade Londok. Beliau bisa membuat satu produk jadi terkenal, salah satunya skill bahasa," kata Emil dikutip dari Kompas.com. Emil mengatakan, ia akan memberikan tugas pada Ade untuk mempromosikan kuliner Jawa Barat. "Kemarin ada aspirasi kalau ngevlog hp nya suka copot, sekarang saya kasih hadiah hp baru. Silakan dibuka. Hp nya saya kasih agar bisa ngevlog dengan kualitas yang baik, bahasanya tolong disesuaikan," ucapnya.

Mendapat hadiah dari Emil, Ade pun girang. "Terima kasih kepada Pak Ridwan Kamil, mudah mudahan sehat selalu. Semoga selalu ada dalam keberkahan, semoga sehat dan selalu melestarikan budaya Sunda. Terima kasih, Pak Ridwan Kamil. Ikan hiu pergi ke Sadang Serang, hidup Ridwan Kamil," seloroh Ade.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.