Apa Saja Persiapan Mudik 2022 Agar Aman dan Lancar? Simak Ulasannya!

 

Pada tahun 2022, pemerintah mulai memberikan lampu hijau kepada masyarakat agar bisa menikmati lebaran ke kampung halaman setelah pada tahun sebelumnya, pemerintah mengimbau warga untuk tidak merayakan lebaran di kampung halaman masing-masing. Hal ini disambut baik oleh masyarakat yang sudah lama kangen mudik lebaran dan merayakan bersama keluarga. Namun, ada beberapa hal yang sudah pemerintah tekanankan kepada para calon pemudik agar pada tahun ini tetap bisa merayakan lebaran dengan naman dan lancar. Selain dari persiapan kesehatan, persiapan lain seperti kesiapan transportasi umum atau pribadi. Untuk transportasi pribadi, tidak lupa untuk cek kondisi fisik mobil serta bisa lengkapi dengan membeli asuransi mudik aman agar perjalanan menjadi lebih nyaman. Berikut adalah tips persiapan mudik yang aman selama di perjalanan.

  1. Pastikan Kondisi Tubuh dalam Keadaan Sehat

Persiapan mudik baik menggunakan transportasi umum atau pribadi ada baiknya sebagai pelaku perjalanan menjaga kondisi fisik agar tetap prima. Sebelum mudik, selalu upayakan agar selalu hidup sehat, makan makanan bergizi serta istirahat cukup dan diiringi dengan berolahraga secara teratur.

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Tidak hanya kondisi tubuh, apabila berencana mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi wajib untuk cek kondisi kendaraan tersebut. Pasalnya, jika kondisi kendaraan yang akan digunakan tidak prima, akan berpotensi untuk menghambat perjalanan dan bisa membahayakan ketika sedang melakukan perjalanan mudik.

  1. Lengkapi Bekal Mudik dengan Obat-obatan

Jika kamu melakukan mudik masih dalam keadaan berpuasa, tidak ada salahnya untuk membawa obat-obatan dan vitamin untuk memenuhi asupan vitamin selama perjalanan mudik.

  1. Pelajari Rute Perjalanan

Bagi kamu yang membawa kendaraan peribadi, salah satu yang harus kamu kuasai adalah rute perjalanan. Jalan-jalan mana saja yang bisa kamu tempuh agar bisa menghemat waktu dan menemukan rest area atau mungkin hotel untuk bermalam agar tidak terlalu letih dijalan.

  1. Hindari Muatan Berlebih

Hindari membawa muatan berlebih bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi baik itu motor atau mobil untuk mudik. Sebaiknya, kamu membawa barang keperluan selama mudik. Jika kamu ada niat untuk membawakan oleh-oleh bagi keluarga , kamu bisa kirimkan melalui ekspedisi jauh hari sebelum mudik. Hal ini bisa menjauhkan kam dari potensi berbahaya akibat membawa muatan berlebih di kendaraan kamu.

  1. Selalu Patuhi Protokol Kesehatan

Nah, hal yang terakhir ini menjadi kunci agar mudik kamu menjadi aman dan nyama dengan selalu mematuhi protokol kesehatan. Lengkapi vaksin sebanyak dua kali dan tidak lupa vaksin booster. Selain itu selalu pergunakan masker dan mencuci tangan dan membawa hand sanitizer selama perjalanan jika kesulitan menemukan air mengalir untuk mencuci tangan.

Semoga perjalanan mudik kali ini aman dan nyaman serta sampai tujuan dengan selamat dan bisa kembali bercengkrama dengan keluarga yang sudah lama tidak bertemu.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.