Lidah sapi dapat dibuat menjadi beragam resep olahan masakan. Teksturnya yang khas, cocok dipadupadankan dengan banyak bahan ataupun dijadikan berbagai macam masakan. Namun sebelum memasaknya menjadi menu favorit anda, terlebih dulu lidah sapi harus dibersihkan.

Sama seperti jerohan yang lain, lidah juga perlu dibersihkan secara khusus, tidak boleh sembarangan. Sebab, lidah berada di dalam rongga mulut sehingga lebih berlendir. Setelah dibersihkan, lidah baru bisa diiris dengan ketebalan 1 – 1 ½ cm untuk dibuat semur atau bistik.

Bisa juga dipotong kotak kotak kecil untuk membuat sambal goreng dan bistik. Berikut cara membersihkan lidah sapi yang benar sebelum diolah, dilansir dari : 1. Lumuri lidah dengan garam untuk membersihkan lendirnya. Gosok gosok sampai lendirnya luruh.

2. Rebus dalam air mendidih 5 – 10 menit. Dalam air rebusan boleh ditambahkan daun salam, jahe dan serai supaya aromanya makin sedap. 3. Panas panas, keletek kulit luar lidah sampai bersih betul. Kulitnya berbentuk lapisan kulit kasar yang mudah dilepaskan jika matangannya pas. Jika terlalu matang, lapisan ini justru akan melekat dan sulit dilepaskan. 4. Rebus kembali dalam air mendidih sampai empuk betul.

5. Lidah pun siap diolah atau dipotong potong. Untuk 4 5 porsi Bahan

Bahan Pelengkap: Cara Memasak Untuk 4 5 porsi

Bahan Bumbu Halus Cara Memasak

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.