Hasil survei “Herbalife Nutritio Asia PacificHealthy Aging Survey 2020” menunjukkan bagaimana masyarakat memiliki visi jelas tentang apa arti penuaan sehat bagi mereka. Tiga dari 10 responden memiliki kepercayaan diri untuk dapat menua dengan sehat. Selebihnya khawatir khawatir jatuh sakit karena kekebalan tubuh menurun seiring pertambahan usia.

Senior Director & General Manage Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi menyatakan banyak kekhawatiran tentang penuaan. Hal ini dikaitkan masalah kesehatan yang timbul ketika tua. Berkaca pada hasil survei yang menyatakan di Asia Pasifik, hanya 3 dari 10 responden merasa yakin akan kemampuan mereka dapat menua dengan sehat. Andam Dewi mengatakan, responden Indonesia memiliki pandangan positif.

Sebanyak 63 persen menyatakan penuaan dengan sehat berarti tidak menderita penyakit tertentu di saat tua. Sementara 58 persen responden mendefinisikan menua sehat dengan tidak menjadi beban bagi keluarga mereka. Sebanyak 49 persen juga menyatakan tetap aktif dan tajam secara mental adalah definisi menua dengan sehat.

Hal yang paling dikhawatirkan terkait penuaan, responden Indonesia memiliki beberapa perhatian terkait dengan penuaan yang akan mereka jalani. Tercatat 39 persen menyatakan kekhawatiran utama dalam menjalani penuaan adalah menjadi lebih sering sakit seiring turunnya imunitas tubuh. Dan, 19 persenresponden juga mengkhawatirkan perubahan penampilan yang akan terjadi saat mereka menua.

Selain itu, 15persen juga menyatakan mereka khawatir akan menjadi beban bagi keluarga saat mereka tua. Sementara kepercayaan diri menghadapi penuaan, hanya tiga dari 10 (28 persen) konsumen Asia Pasifik yang menyatakan keyakinan akan kemampuan mereka untuk menua dengan sehat. Konsumen di Asia Tenggaraumumnya lebih percaya diri dibandingkan di Asia Timur Laut.

Kepercayaandiri Indonesia palingbesar (61persen),diikuti oleh Malaysia (44 persen) dan Filipina (43 persen). Di sisi lain, konsumen di Korea (17 persen), Taiwan (17 persen), HongKong (13 persen) dan Jepang (9 persen). Meski demikian, mayoritas responden diIndonesia memahamipentingnyapenuaan yang sehat, dengan lebih dari delapan dari 10 konsumen (82 persen) telah mengambillangkah langkah untuk membantu menua dengan sehat.

Langkah langkah yang dilakukan antara lain: • 73 persen telah memperbaiki asupan nutrisi mereka • 63 persen menyatakan mereka telah melakukan lebih banyak olahraga reguler • 50 persen juga menyatakan telah melakukan aktifitas yang menstimulus kesehatan mental • 46 persen mengkonsumsi suplemen yang mendorong kesehatan • 42 persen juga telah melakukan pengecekan kesehatan lebih teratur "Sebagian besar konsumen/responden Indonesia telah mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat agar dapat menua dengan lebih sehat," kata Andam di acara zoom meeting media briefing e Wellness Tour 2020 dari Herbalife tentang Healthy Aging Survey 2020, Rabu (25/11/2020).

Survei diadakan pada Mei 2020 melalui online terhadap 500 orang di masing masing 11 negara Asia Pacifik, yakni di Indonesia, Korea, Taiwan, Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina, Hong Kong, Singapura, Jepang, Australia, dengan total 5.500 responden.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.