Dalam bulan-bulan pertama kehidupan di dunia, bayi membutuhkan asupan nutrisi yang tepat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Para ibu wajib memberikan ASI eksklusif untuk mendukung pertumbuhan bayi tersebut. Jika ASI sang ibu mengalami kurang produksi, pemberian sufor harus tetap berdasarkan resep dokter. Anda wajib mencari informasi mengenai pentingnya ASI eksklusif selama masa awal menyusui, ya!

Manfaat ASI eksklusif untuk si kecil

Sebagai orang tua, Anda pasti ingin memberikan kehidupan terbaik untuk buah hati tercinta. Mengetahui pentingnya ASI eksklusif untuk awal kehidupan bayi wajib Anda ketahui sejak dini. Berikut 5 manfaat penting dalam memberikan ASI penuh untuk bayi yaitu :

1.     Melindungi si kecil dari risiko penyakit

Tubuh bayi baru lahir masih lemah dan memiliki sistem imun yang rentan terkena risiko penyakit akibat kuman, bakteri atau virus. Kandungan protein yang tinggi pada ASI bisa melindungi anak dari infeksi kuman dan meningkatkan jumlah bakteri baik pada saluran cerna mereka.

2.     Nutrisi paling lengkap

Meski sufor bisa diberikan pada bayi minimal usia 6-1 tahun, tetapi ASI tetap memiliki nutrisi paling lengkap dengan kandungan karbohidrat, protein, air, lemak, vitamin, dan lain-lain.

3.     Lebih higienis dan praktis

ASI eksklusif untuk si kecil menjamin asupan lebih higienis dan praktis bisa diberikan kapan saja. Tak perlu menggunakan pompa ASI pun, pemberian ASI langsung lebih sehat dan meningkatkan hubungan ibu dan bayi menjadi lebih intim.

4.     Bisa meningkatkan kecerdasan anak

Hal ini dikarenakan ASI mengandung asam lemak yang bisa membantu perkembangan sensorik dan kognitif si kecil.

5.     Terhindar dari risiko malnutrisi

Pada ASI eksklusif, bayi sudah mendapatkan semua nutrisi yang ia butuhkan untuk menopang kehidupan pertama. Penting bagi ibu yang menyusui untuk konsumsi makanan tinggi gizi agar produksi ASI lebih lancar.

Pentingnya ASI eksklusif tidak hanya dirasakan buah hati saja, tetapi para ibu bisa menikmati peran baru sekaligus bisa menghindari risiko kanker payudara. Menyusui juga bisa memberikan jarak kehamilan baru sebab bisa menjadi metode kontrasepsi alami, lho!

 

Sumber

https://www.popmama.com/pregnancy/birth/sarrah-ulfah/manfaat-asi-eksklusif-menurut-who/8

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.