Jantung bengkak? Pernahkah Anda mendengar kondisi tersebut? Mungkin pernah! Tahukah Anda, munculnya pembengkakan pada bagian jantung ini terjadi karena jantung memompa terlalu keras sehingga merusak otot jantung serta bawaan dari lahir. Hal ini tentunya sangat amat menyeramkan, bukan? Maka dari itu, memiliki asuransi Syariah di Indonesia cukup diperlukan untuk menanggulanginya.

Selain itu, pembengkakan yang muncul ini juga bisa diakibatkan akibat penyakit jantung iskemik dan tekanan darah tinggi. Penyakit jantung iskemik biasanya terjadi karena arteri yang menyempit dan juga adanya timbunan lemak yang menumpuk di arteri sehingga menyumbat darah masuk ke jantung. Terdapat beberapa kondisi yang muncul akibat pembengkakan jantung ini, di antaranya:

  1. Tekanan darah tinggi

Pada orang yang memiliki kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi, jantung diharuskan untuk memompa lebih keras agar bisa mengirimkan darah keseluruh tubuh. Atas kondisi ini, otot membuat jantung menjadi membesar dan menebal. Tidak hanya itu, tekanan darah tinggi juga menyebabkan ventrikel kiri menjadi lebih besar sehingga otot jantung melemah dan mengakibatkan sisi kanan jantung dapat membesar.

  1. Anemia

Anemia dimana sel darah merah tidak cukup untuk membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Biasanya, orang yang mengalami anemia ini akan merasa lemas dan juga lesu untuk beraktivitas. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa mengakibatkan detak jantung bekerja lebih cepat dan tidak teratur sehingga membuat jantung harus memompa lebih banyak darah untuk mengganti kekurangan oksigen dalam darah sehingga dapat mengakibatkan pembengkakan jantung.

  1. Penyakit arteri coroner

Arteri coroner merupakan kondisi di mana plak lemak pada arteri jantung menghalangi aliran darah melalui pembuluh jantung. Jika ada salah satu bagian otot jantung mati, maka jantung diharuskan untuk memompa lebih keras untuk mendapatkan cukup darah keseluruh tubuh. Hal ini tentunya dapat menyebabkan pembengkakan jantung.

  1. Penyakit katup jantung

Diketahui bahwa jantung memiliki 4 katup yang menjaga aliran darah. Jika katup ini rusak, maka jantung pasti akan membengkak dan membesar. Terdapat beberapa kondisi yang menjadi penyebab rusaknya katup jantung seperti demam, rematik, cacat jantung, infeksi, gangguan jaringan ikat detak jantung tidak teratur, dan pengobatan tertentu atau pengobatan radiasi untuk kanker.

  1. Kelebihan zat besi di dalam tubuh

Kelebihan zat besi atau yang biasa disebut dengan hemochromatosis merupakan kelainan pada tubuh, di mana tubuh tidak dapat memetabolisme zat besi sebagaimana mestinya sehingga zat ini menumpuk di berbagai organ, termasuk jantung. Masalah ini dapat menyebabkan ventrikel kiri membesar akibat melemahnya otot jantung.

Nah, demikianlah sederet kondisi yang menyebabkan pembengkakan jantung. Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.