Berikut kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 SD/MI halaman 38 39 40 41 42 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Subtema 1 Pembelajaran 5. Kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 halaman 38 39 40 41 42 ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 edisi revisi 2018 mengusung judul Globalisasi, sementara Subtema 1 berjudul Golobalisasi di Sekitarku.

Bacalah teks berikut. Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia. Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik Indonesia dalam kesehariannya. Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.

Secara berpasangan, tulislah hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut tentang keberadaan batik Indonesia di dunia dalam bentuk pertanyaan. Seperti apa motif batik yang telah dikenal dunia? Daerah mana saja yang memproduksi batik?

Tukarkan pertanyaan yang telah kamu buat dengan teman di sebelahmu dan diskusikan jawabannya bersama sama. *** Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

1. Apa tujuan awal pembuatan batik? Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. 2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.

Ragam motif batik dibedakan berdasarkan area pembuatannya. 3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional? Sering mengadakan pameran seni tradisional khususnya batik di dalam dan luar negeri.

4. Tulis komentarmu setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia. Saya sebagai anak Indonesia merasa bangga, selain itu saya bertekat untuk selalu melestarikan batik. 5. Tulis simpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan tadi.

Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

6. Jelaskan arti kata ‘mendunia’ pada teks tadi. Dikutip dari KBBI, arti kata 'mendunia' yakni terkenal (meluas) ke seluruh dunia. 7. Kerja sama apa yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara?

Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara negara ASEAN dan pertukaran kebudayaan. 8. Apa manfaat yang dirasakan ketika batik semakin dikenal?

Indonesia semakin dikenal oleh dunia. Jika masyarakat dunia melihat batik, mereka akan langsung tahu jika itu adalah budaya Indonesia. ***

Carilah informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut. Kerja sama dalam kebudayaan Mengadakan festival Seni se ASEAN

Manfaat bagi Indonesia Untuk mengenalkan seni asli Indonesia kepada negara anggota ASEAN Untuk mempromosikan karya seni rupa

Masyarakat ASEAN tertarik dengan budaya Indonesia *** Buatlah poster untuk memamerkan salah satu kebudayaan yang ada di tempat tinggalmu.

Buatlah semenarik mungkin sehingga orang ingin tahu dan mengenal kebudayaan daerahmu. Jangan lupa perhatikan kriteria poster yang baik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Diskusikan terlebih dahulu langkah langkah membuat poster.

Mintalah pendapat temanmu tentang poster yang kamu buat. Sesuai dengan pendapat teman. ***

Pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah bereksplorasi tentang kubus. Sekarang tulislah kubus dalam diagram frayer berikut. Tulislah contoh, bukan contoh, ciri ciri, dan kesimpulanmu tentang kubus. Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.