Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pandemi Covid 19 ini banyak memberikan pembelajaran kepada bangsa soal penanganan kesehatan. Terutama, terkait kelemahan kelamahan disektor mana saja yang perlu diperbaiki kedepannya. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi pada peringatan hari ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagaimana yang ditayangkan dalam YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu (24/10/2020).

"Pandemi ini memberi banyak pelajaran kepada kita semua, memberi banyak pelajaran kepada kita semuanya. Kita semakin tahu kelemahan kelemahan yang harus segera kita perbaiki," kata Jokowi. Maka dari itu, Presiden mengatakan, situasi sulit yang sedang bangsa hadapi gunakan sebagai momentum untuk melakukan transformasi termasuk dalam reformasi sistem kesehatan. Menurut Presiden, dalam reformasi sistem kesehatan, harus memperkuat sisi pencegahan.

Yakni, orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat adalah yang utama untuk promotif dan preventif dukungan dari sektor non kesehatan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat. "Dukungan dari organisasi sosial keagamaan sangatlah dibutuhkan tetapi pada saat yang sama penguatan kapasitas SDM kesehatan pengembangan Rumah Sakit dan bale bale kesehatan serta industri obat obatan dan alat alat kesehatan," jelasnya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.